Hasil Tes Kesehatan Calon Pilkada Bolsel 2024 Diumumkan, Semua Pasangan Calon Lolos Verifikasi

Dalam rangkaian Pilkada Bolsel 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) telah mengumumkan kelengkapan hasil pemeriksaan kesehatan bagi calon Bupati dan Wakil Bupati. Proses ini mengikuti penyerahan hasil dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. Dr. R. D. Kandou Manado, yang telah dilaksanakan sejak akhir Agustus.

Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Bolsel, Fijey Bumulo, menyampaikan bahwa pemeriksaan kesehatan telah dijalankan mulai tanggal 30 Agustus hingga 1 September 2024. “Calon pertama, H. Iskandar Kamaru bersama Deddy Abdul Hamid, menyelesaikan pemeriksaan mereka terlebih dahulu, diikuti oleh Arsalan Makalalag dan Hartina Badu,” ujar Fijey, dengan pendampingan dari Kadiv Hukum dan Pelanggaran, Liswan Lumali.

Penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan berlangsung pada 5 September 2024 di kantor KPU Bolsel di Kecamatan Bolaang Uki. Fijey menambahkan, “Seluruh kandidat yang diperiksa dinyatakan memenuhi syarat kesehatan yang ditetapkan.” Hasil pemeriksaan dan dokumen persyaratan telah diserahkan kepada para calon. H. Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid menerima hasil melalui perwakilan LO, sedangkan Arsalan Makalalag menerima hasil secara langsung, didampingi oleh LO dari partai pengusungnya.

Selanjutnya, KPU Bolsel juga telah membuka periode untuk perbaikan administrasi yang diperlukan oleh para pasangan calon. “Kesempatan perbaikan administrasi akan berlangsung pada 6-7 September 2024, dari pukul 08.00 hingga 16.00 WITA, dan verifikasi akhir akan dilakukan hingga pukul 23.59 WITA pada tanggal 8 September,” ungkap Bumulo.

Dia menekankan bahwa ada pasangan calon yang sudah memenuhi semua persyaratan administratif, sementara yang lain masih berkesempatan untuk melakukan perbaikan jika diperlukan. “Ini adalah bagian dari proses penjaminan transparansi dan kelengkapan administratif dalam Pilkada Bolsel,” pungkasnya.

Exit mobile version