Intensitas Hujan Tinggi, Banjir Landa Sejumlah Desa di Bolmong

Banjir melanda wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) pada Rabu (26/6/2024). Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolmong, laporan terakhir pada pukul 19.00 WITA menunjukkan kondisi terkini.

Kepala pelaksana BPBD Bolmong, Sugiharto Banteng, menyatakan bahwa tim BPBD sedang melakukan asesmen dan pendataan di lapangan untuk memetakan dampak banjir.

“Iya, tim kami saat ini berada di lokasi untuk melakukan pendataan akibat dampak banjir,” kata Sugiharto.

Menurut Sugiharto, banjir ini dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Bolmong sejak dini hari. Saat ini, tim BPBD terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan instansi terkait. Bantuan darurat juga sedang dipersiapkan untuk didistribusikan kepada warga yang terdampak di berbagai desa di Bolmong.

“Kebutuhan mendesak saat ini meliputi makanan siap saji, tikar, selimut, dan peralatan kebersihan,” tambahnya.

Sugiharto juga menghimbau warga di daerah rawan bencana banjir dan longsor agar tetap waspada. “Saat ini, luapan air masih merendam pemukiman dengan ketinggian bervariasi antara 1 hingga 2 meter. Cuaca di lokasi kejadian masih berawan tebal,” ujarnya.

Berdasarkan data sementara, berikut wilayah yang terdampak banjir:

Kecamatan Dumoga:

Kecamatan Dumoga Timur:

Kecamatan Lolayan:

Kecamatan Dumoga Utara:

Kecamatan Dumoga Barat:

Dampak banjir meliputi pemukiman warga dan fasilitas umum sebagai berikut:

Kecamatan Dumoga:

Kecamatan Lolayan:

Fasilitas Umum:

Dengan situasi yang masih berlangsung, BPBD Bolmong terus berupaya memberikan bantuan dan melakukan koordinasi untuk mengatasi dampak banjir ini.

Exit mobile version