Pemilihan Sangadi Bolmut: Suara Imbang di Desa Sidodadi Memicu Pemilihan Ulang yang Menarik

Waktu.news | Pemilihan Sangadi (Pilsang) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) tahun 2023 mencatat kejadian unik. Setelah serentak dilaksanakan pada Senin (26/06), terdapat satu Desa yang menghasilkan keputusan yang mengejutkan. Desa Sidodadi, yang menjadi sorotan, memperoleh hasil penghitungan suara yang sama untuk kedua calonnya.

Susilowati dengan nomor urut 3 dan Nyadi dengan nomor urut 4 sama-sama meraih 125 suara dari 360 pemilih yang hadir. Fenomena ini menimbulkan kebingungan dalam menentukan pemenang.

Menyikapi situasi ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), La Ode Osnawir Ojayana, mengumumkan bahwa pemilihan Sangadi di Desa Sidodadi akan diadakan kembali. Hal ini sesuai dengan Peraturan Daerah tahun 2021 yang mengatur mengenai pemilihan ulang dalam kasus suara imbang.

La Ode Osnawir menyampaikan, tahapan pemilihan baru akan dilaksanakan dalam pekan mendatang. Saat ini, pihaknya menunggu laporan dari panitia Pilsang, yang kemudian akan disampaikan kepada Camat dan Dinas PMD Bolmut.

Diharapkan bahwa proses Pilsang di Desa Sidodadi dapat segera diselesaikan, sehingga pelantikan Sangadi dapat dilakukan bersamaan dengan 30 Sangadi terpilih lainnya. Pelantikan tersebut dijadwalkan pada bulan Agustus 2023, dengan tanggal yang akan diumumkan lebih lanjut. (rhp)

Exit mobile version