Tak Ada TPA, Seorang Kepala Dinas di Boltim Rela Bakar Sampah yang Dibuang Sembarang

Tak disangka, sosok yang terlihat membakar tumpukan sampah di pinggir jalan jalur dua Tutuyan ini ternyata adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sjukri Tawil.

Kepada wartawan Sjukri mengatakan, aksi tersebut merupakan wujud tanggung jawabnya terhadap kebersihan lingkungan.

“Ya, minimal, kata mereka dari pada tidak memakai baju, biarlah robek asalkan masih pakai baju, kira-kira-kira seperti itu alasan sementara,” ujar Sjukri Senin (2/9/2024) siang.

Tak hanya itu, Sjukri juga menyebut bahwa tindakan membakar sampah yang menumpuk di sepanjang jalan kawasan ibu kota kabupaten Boltim ini bukan kali pertama ia lakukan. “Kalau turun langsung begini, sudah sering, tapi sembunyi-sembunyi,” katanya.

Sjukri pun mengungkapkan, pihaknya juga telah berupaya menghimbau warga melalui pemerintah kecamatan dan desa agar tidak membuang sampah sembarang. Namun, menurutnya upaya tersebut tak cukup mampu mengatasi persoalan sampah karena belum adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Sudah dibahas di tingkat kecamatan dan desa, tapi muara akhir juga TPA. Minimal ada TPS, karena itu tugasnya PU. Ya walaupun kami berusaha sebisa mungkin, tapi karena pembuangan akhir tidak ada, terpaksa turun langsung dari pada kena semprot duluan,” ungkapnya. (aah)

Exit mobile version