Travel

Pantai Tersakiti Bolsel Dengan Keunikan Wisata Underwaternya

Yuk Intip Keunikan Jembatan Pata hati

Waktu.news | Akhir-akhir ini ada banyak sekali objek wisata baru yang bisa Anda temukan di berbagai wilayah Indonesia. Salah satu objek wisata baru yang cukup populer di wilayah Bolaang Mongondow Selatan yaitu Wisata Pantai Tersakiti . Wisata ini memiliki nama yang unik karena berbeda dari pantai pada umumnya.

Mendengar nama tersakiti mungkin Anda berfikir mengenai bagaimana awal mula terbentuknya pantai ini Wisata Pantai Tersakiti memang menyimpan keunikan dan daya tarik tersendiri. Objek wisata ini lokasinya berada di kabupaten Bolaang Mongondow Selatan atau Bonsel.

Bagi yang tinggal di kabupaten Bolaang Mongondow Selatan tentu sudah sangat sering mengenai objek wisata yang satu ini. Pantai ini memang cukup menarik dan termasuk wisata baru di kabupaten bolaang Mongondow Selatan.

Keunikan Wisata Pantai Tersakiti

Dari namanya saja, objek Wisata Pantai ini sudah memiliki daya tarik. Di sana nantinya setiap pengunjung bisa menemukan pemandangan alam yang cantik dengan beragam spot foto selfie yang indah.

Salah satu spot foto yang ada di sana yaitu berupa jembatan yang disebut sebagai jembatan “patah hati”. Spot foto yang satu ini sangat unik dan banyak  dijadikan sebagai spot foto favorit oleh para wisatawan.

Pantai tersakiti Bolsel memiliki pasir dengan warna putih yang bersih. Di sana setiap pengunjung bukan hanya bisa menikmati pemandangan alam yang mempesona. Terdapat tempat pemandian dan juga tempat snorkeling yang sangat strategis.

Bagi para pecinta pemandangan bawah air, pantai ini bisa menjadi destinasi wisata yang sangat kami rekomendasikan. Terumbu karang yang ada di pantai ini sangat terawat. Anda bisa menemukan berbagai macam biota laut seperti ikan kecil, bintang laut dan beragam biota laut lainnya hidup di antara terumbu karang tersebut.

Setiap wisatawan akan merasa kagum dengan pemandangan pantai dan juga pesona bawah lautnya. Anda perlu untuk menggunakan pelampung Apabila ingin melakukan diving atau snorkeling.

Artikel Terkait: Pulau Kumeke Suguhkan Hamparan Tebing Menjulang dan ?

Pantai Tersakiti

Asal Mula Pantai Tersakiti

Wisata Pantai yang berada di desa Pinolantungan ini sebenarnya dahulu merupakan tempat pembuangan sampah. Sebelum menjadi objek wisata, di sana terdapat banyak tumpukan sampah yang membuat pantai ini tidak layak wisatawan kunjungi. Warga di sekitar memang sering membuang sampah di pantai ini.

Sebenarnya pantai ini memiliki potensi wisata yang luar biasa. Hingga akhirnya para pemuda di desa Pinolantungan berinisiatif untuk membuang sampah dan mengubah pantai ini sebagai destinasi wisata. Warga mendukung ide tersebut dan hingga akhirnya terciptalah objek wisata baru yaitu Wisata Pantai Tersakiti.

Setelah pemuda desa melakukan pengelolaan terhadap panatai ini, kini pantai sudah berubah drastis. Pemandangan di pantai begitu indah dan memiliki daya tarik bagi para wisatawan. Banyaknya pengunjung yang datang ke pantai ini juga memberikan dampak yang positif bagi perekonomian warga di sekitar.

Asal mula dari nama pantai ini adalah karena awalnya pantai ini memang seolah tersakiti dengan banyaknya sampah yang menumpuk. Hal inilah yang mendasari pantai tersebut bernama pantai Tersakiti yang memiliki filosofi sangat dalam. Pengelola berharap agar tidak ada lagi warga yang membuang sampah di pantai ini agar pantai ini tidak lagi tersakiti.

Berita Terkait: 11 Tempat Wisata Bolsel Paling Bergengsi

Tiket Masuk ?

Peresmian pantai ini awal mulanya yaitu pada tanggal 19 Desember tahun 2020. Peresmian pantai oleh pemerintah desa. Meskipun masih terbilang sangat baru akan tetapi objek wisata ini sudah mampu menghasilkan banyak keuntungan bagi masyarakat.

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai baru ini bisa membayar tiket sebesar Rp8.000 saja. Harga tiket tersebut terbilang sangat murah karena pengunjung bisa menikmati pemandangan yang indah. Selain itu para wisatawan juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan seru di sana.

Harga tiket yang murah sudah termasuk biaya parkir. Setiap pengunjung tidak perlu khawatir karena tersedia tempat parkir yang luas di dekat pantai tersebut. Anda bisa datang ke sini dengan menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Usia dari objek wisata ini memang masih sangat baru. Namun hingga saat ini antusias masyarakat serta para wisatawan masih tinggi. Sejak awal buka, objek wisata ini sudah menghasilkan uang sebesar 10 juta rupiah.

Pengelola Wisata Pantai Tersakiti berusaha untuk terus berinovasi. Dengan begitu wisata pantai akan terus memiliki daya tarik yang kuat bagi para wisatawan. Pengelola berharap agar pandai ini semakin dikenal luas oleh para wisatawan bukan hanya lokal namun juga mancanegara.

Para pengelola terutama dari kalangan pemuda karang taruna berencana untuk menyediakan beragam wahana untuk melengkapi Wisata Pantai bolaang mongondow selatan ini. Nantinya akan tersedia wahana seperti banana boat dan juga berbagai perlengkapan snorkeling. Pantai ini memang memiliki pemandangan bawah air yang indah sehingga sangat disayangkan jika tidak terdapat persewaan alat snorkling yang lengkap.

Baca juga; 13 Rekomendasi Destinasi Wisata Sulawesi Utara

Pantai Tersakiti

Kegiatan Seru

Pantai tersakiti memang masih sangat meskipun demikian daya tariknya mampu membuat banyak wisatawan berbondong-bondong datang mengunjunginya. Anda bisa melakukan beragam kegiatan seru yang akan membuat liburan terasa memuaskan.

Wisata ini cocok untuk Anda yang senang bersantai di pinggir pantai sembari menikmati pemandangan alam yang indah. Pantai ini sekarang sudah bersih dan tidak ada sampahnya lagi. Setiap pengunjung bisa dengan leluasa bermain di pinggir pantai seperti melakukan olahraga pantai, bermain pasir, bermain ombak pantai, berjemur, piknik dan lain sebagainya.

Tempat ini sudah ada beragam spot foto. Masyarakat modern kebanyakan senang untuk berfoto atau selfie di tempat yang cantik. Pengelola sangat memahami hal ini sehingga mereka membuatkan beberapa spot foto yang unik.

Wisata Pantai ini memiliki ombak yang terbilang tenang. Anda bisa berenang di pantai ini dengan nyaman. Meskipun demikian Anda tetap harus berhati-hati. Apalagi saat ini cuaca sedang tidak terlalu bersahabat. Bagi yang tidak terlalu mahir berenang jangan terlalu jauh dari bibir pantai.

Pemandangan bawah air di pantai Wisata Pantai ini sangat mengagumkan. Juga memiliki keanekaragaman hayati yang masih terjaga. Meskipun awalnya di pantai ini banyak tumpukan sampah, akan tetapi setelah pihak-pihak berwenang dan masyarakat setempat mengelolanya dengan baik, kini pemandangannya terlihat lebih berkelas.

Baca Juga: Pantai Abadi Negeri Seribu Danau Luar Biasa Tosca Airnya

Fasilitas Pendukung

Meskipun masih baru namun Pantai ini sudah memiliki beberapa fasilitas pendukung. Anda bisa menemukan beberapa fasilitas seperti gazebo, kamar mandi, tempat parkir dan fasilitas lainnya.

Mengunjungi objek Wisata Pantai ini harus selalu berusaha menjaga kebersihan. Pantai ini memiliki pesona yang istimewa karena dirawat dan dijaga kebersihannya dengan baik. Jangan sampai ketika berkunjung ke suatu tempat Anda membuang sampah sembarangan. Tetap jaga kelestarian lingkungan dan keindahan objek wisata dengan menjaga kebersihannya.

Ketika mengunjungi objek wisata ini sebaiknya juga terapkan protokol kesehatan dengan serius. Masa pandemi belum berakhir sehingga dimanapun Anda berada harus tetap menjaga kesehatan.

Itulah sedikit gambaran mengenai indahnya Wisata Pantai Tersakiti. objek wisata baru ini sangat direkomendasikan bagi yang ingin menikmati suasana pantai yang indah. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Selain jembatan “Patah Hati” dan spot selfie anak muda yang instagramable, tersedia juga spot pasir putih untuk mandi, berenang ataupun snorkling.

Jangan lupa tetap patuhi Protokol Kesehatan dengan Pakai Masker, cuci Tangan/Hand Sanitizer dan Jaga Jarak.

Dan jangan lupa juga bawa uang untuk beli karcis ya, agar pemeliharaan dan peningkatan wisata pantai terus berkesinambungan.(rhp)

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button