Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
BoltimDaerah

261 Pantarlih Pilkada Boltim 2024 Resmi Dilantik, Coklit Perdana di Wilayah Perbatasan

Advertisement

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur hari ini akan mulai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) untuk Pilkada 2024.

Sebelum dimulai coklit, KPU Boltim melantik sebanyak 261 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP atau Pantarlih) di Aula lantai 3 kantor Bupati Boltim pada Senin, (24/6/2024) pagi.

Advertisement

Ketua Divisi Perencanaan, Data Dan Informasi KPU Boltim, Adchilni Abukasim menyampaikan, pelantikan Pantarlih ini dilaksanakan secara serentak.

“Alhamdulillah pelantikan Pantarilih sudah selesai dilaksanakan. Pelantikan hari ini dilakukan sesuai tahapan dan jadwal PKPU 22 tahun 2024,” ucap Adchilni Abukasim kepada wartawan.

Advertisement

Lebih lanjut, Adchilni mengatakan, usai dilantik ratusan Pantarlih tersebut akan langsung melakukan pemutahiran data pemilih atau coklit. Untuk coklit perdana, kata dia, akan dilakukan di wilayah perbatasan antara Boltim dengan Minahasa Selatan (Minsel).

“Setelah pelantikan, seluruh pantarlih ini akan langsung melakukan coklit hari ini, karena masa kerja pantarlih ini dimulai sejak 24 Juni ini sampai dengan 25 Juli. Dan hari ini juga akan dilaksanakan Coklit perdana wilayah perbatasan Boltim-Minsel, di Mooat, sebentar sore,” jelasnya.

Adchilni memastikan rekrutmen Pantarlih di seluruh TPS se-Boltim sudah sesuai aturan. Dia juga menambahkan, Pantarlih yang bertugas di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) telah mendapatkan pembekalan dan pelatihan sebelum diterjunkan ke lapangan.

“Jumlah pantarlih ada 261 orang di 158 TPS. Jadi satu TPS yang jumlah pemilihnya di atas 400, itu pantarlihnya 2 orang, sesuai beban kerja. Dan untuk TPS yang dibawah 400, pantarlihnya cuma 1 orang,” tandasnya.

Advertisement

Diketahui, acara pelantikan Pantarlih ini dihadiri langsung oleh Ketua Devisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumberdaya Manusia KPU Sulut, Awaludin Umbola.

Selain itu, Ketua KPU Boltim Rusmin Mamonto dan 4 anggota KPU lainnya juga turut menghadiri acara pelantikan tersebut.

Sebagai informasi, PPDP atau Pantarlih adalah petugas yang dibentuk oleh Panitia pemungutan suara (PPS) untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih.

Pemutakhiran Data Pemilih adalah kegiatan untuk memperbaharui data Pemilih berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) dari Pemilu dan Pemilihan Terakhir. (aah)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button