Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Lipsus

Awasi Pilkada 2024, Bawaslu Boltim Terus Tingkatkan SDM Seluruh Panwaslu

Advertisement

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Senin, (22/7/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan proses dan tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 dapat berlangsung secara jujur, adil, dan transparan.

Advertisement

Ketua Bawaslu Boltim, Mutahir Mamonto, menjelaskan bahwa acara ini adalah bagian dari komitmen Bawaslu untuk memperkuat kemampuan Panwaslu agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan profesionalisme dan integritas tinggi.

Bawaslu BoltimTingkatkan SDM Seluruh Panwaslu

Advertisement

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelatihan intensif kepada seluruh anggota Panwaslu. Program pelatihan ini mencakup berbagai aspek, termasuk pemahaman regulasi dan undang-undang pemilu, teknik pengawasan, manajemen konflik, serta penggunaan teknologi informasi dalam pengawasan. Selain itu, Panwaslu juga akan bekerja sama dengan PPK dan PPS di wilayah kerja masing-masing,” kata Mutahir.

Mutahir juga menambahkan bahwa tahap pencocokan dan penelitian (coklit) telah berlangsung sejak Juni hingga 24 Juli 2024. Tahap ini, kata dia, membutuhkan pengawasan dari Panwascam dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) untuk memastikan hak pilih masyarakat.

“Kami berharap seluruh panwascam hingga PKD lebih proaktif. Jika ada temuan di lapangan, segera laporkan kepada PPS dan PPK untuk diperbaiki, agar tidak ada kendala sampai akhir tahap pencoklitan, dan tahap ini dapat berjalan sesuai prosedur. Setelah pencoklitan, kita akan menghadapi tahap pendaftaran calon di KPU. Kami berharap proses pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati berjalan lancar tanpa hambatan,” ujar Mutahir.

Bawaslu BoltimTingkatkan SDM Seluruh Panwaslu

Advertisement

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Devisi Pananganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Bawaslu Boltim, Harmoko Mando, menyatakan bahwa kegiatan peningkatan SDM ini diharapkan dapat menambah pemahaman Panwascam dalam mengawal proses Pilkada 2024 dengan baik.

“Saya berharap rekan-rekan Panwascam lebih giat lagi dalam setiap kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pengawasan,” tambah Harmoko.

Acara peningkatan kapasitas SDM Panwascam ini juga dihadiri oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu Boltim Muhdi Pasma, staf Bawaslu Boltim, dan seluruh jajaran Panwascam. (adve)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button