Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
BoltimDaerah

BPBD Boltim Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana bagi Aparat Desa

Advertisement

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara, menggelar pelatihan penanggulangan bencana bagi aparat desa, Selasa (23/7/2024) sore di Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Pelatihan ini diikuti oleh sejumlah aparat desa di tujuh kecamatan se Kabupaten Boltim. Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari terhitung sejak 23 Juli sampai dengan 25 Juli 2024.

Advertisement

Selama pelatihan, peserta akan diberikan materi mengenai dasar-dasar penanggulangan bencana, teknik evakuasi, penggunaan peralatan penyelamatan, serta strategi koordinasi dalam situasi darurat.

Kepala BPBD Boltim, Saipudin Mokoagow mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan para aparat desa dalam menghadapi berbagai jenis bencana yang mungkin terjadi di wilayahnya. Ia menekankan pentingnya pelatihan ini sebagai upaya preventif untuk mengurangi risiko dan dampak bencana.

Advertisement

“Maksud dilaksanakan pelatihan ini adalah untuk menambah pengetahuan, wawasan dan kesigapan dari aparat desa, sehingga ketika terjadi bencana di Boltim terutama di sesa-desa, dapat ditangani dengan baik, dan dapat meminimalisir terjadinya korban, baik korban harta benda maupun korban jiwa,” ujar Saipudin Mokoagow.

Lebih lanjut, Saipundin menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan agenda jangka panjang BPBD dalam membangun kapasitas sumber daya manusia di bidang penanggulangan bencana. Pelatihan ini, kata dia, juga adalah bagian dari implementasi Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.

“Jadi, persoalan penanganan bencana ini sebetulnya tidak hanya sekedar mengelola saat bencana saja. Namun juga pada proses sebelum dan sesudah terjadinya bencana, sehingga dapat mengirangi resiko atau dampak yang timbul dari bencana,” kata Saipundin.

Saipudin berharap, melaui pelatihan penanggulangan bencana ini, para aparat desa di Kabupaten Boltim dapat lebih siap dan responsif dalam menghadapi berbagai kemungkinan bencana, serta mampu memberikan perlindungan dan bantuan yang maksimal kepada masyarakat setempat.

Advertisement

“Tentunya kami berharap, pelatihan ini dapat membawa kebermanfaatan bagi kita semua. Karena penanggulangan bencana tidak ini sebetulnya bukan hanya urusan dan tanggungjawab pemerintah semata, tetapi semua pihak, termasuk juga masyarakat,” tambahnya. (aah)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button