Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
DaerahMinsel

Bupati Minahasa Selatan Raih Penghargaan UHC Nasional 2024

Advertisement

Bupati Minahasa Selatan, Franky Donny Wongkar, SH., kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional dengan meraih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2024. Upacara penghargaan ini dilangsungkan di Krakatau Grand Ballroom, TMII, Jakarta pada Kamis, 8 Agustus 2024, di mana Bupati Wongkar diakui sebagai salah satu kepala daerah di Indonesia yang sangat berkomitmen terhadap kesehatan masyarakat.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan capaian impresif dalam implementasi Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2023 tentang Peta Jalan Jaminan Sosial 2023-2024. Target kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk tahun 2024 telah tercapai, dengan 276.520.647 jiwa atau 98,19% dari total penduduk Indonesia terdaftar sebagai peserta per 1 Agustus 2024. BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan 23.205 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 3.129 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) se-Indonesia.

Advertisement

Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin, yang turut hadir dalam acara tersebut, menyatakan bahwa UHC Award merupakan bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah berhasil mewujudkan cakupan perlindungan JKN minimal 95% dari total penduduk. Beliau juga menghimbau seluruh pemerintah daerah untuk terus mendukung program JKN-KIS dengan menyediakan layanan kesehatan yang terjangkau, berkualitas, dan merata bagi seluruh rakyat Indonesia. Penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi bagi daerah lain di Indonesia untuk meningkatkan jumlah peserta dan jaminan kesehatan di wilayahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Wongkar mengucapkan terima kasih kepada perangkat daerah dan para stakeholder yang telah bekerja keras dan berkolaborasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Minahasa Selatan. Beliau menekankan bahwa penghargaan UHC Awards tahun 2024 adalah bukti nyata dari komitmen Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dalam memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakatnya dan berharap ini akan menguatkan tekad serta semangat bersama untuk memastikan bahwa setiap warga memiliki kesempatan yang sama untuk hidup sehat.

Advertisement

Acara tersebut juga dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, para gubernur, bupati, dan walikota, serta pejabat tinggi lainnya dari BPJS Kesehatan dan The International Social Security Association (ISSA).

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button