Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
BoltimDaerah

Busran Paputungan Menilai Staf Khusus Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto Jadi Beban APBD

Advertisement

Waktu.news | Pemerhati sosial politik, Busran Paputungan, menyoroti staf khusus Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto.

Ia menilai beberapa di antara staf khusus Bupati merupakan pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah tua dan tidak produktif.

Advertisement

“Batas usia pensiun ANS ini 58 sampai 60 tahun. Berarti, negara saja menandai sudah tidak produktif, sekarang ditarik kembali pak bupati menjadi staf khusus,” kata Busran kepada wartawan, Rabu (22/11/2023).

Busran mengatakan, penunjukkan pensiunan ASN sebagai staf khusus hanya akan menjadi beban APBD.

Advertisement

Tak hanya itu, ia bahkan menduga keberadaan staf khusus tersebut adalah siasat pembentukan tim untuk menghadapi momentum politik 2024.

Pasalnya, staf khusus digaji per bulan dengan nominal yang cukup fantastis, tetapi secara fisik mereka tidak lagi optimal dalam bekerja.

“Negara saja menilai begitu apa lagi kita. Artinya, secara fisik dan secara produktifitas sudah tidak produktif lagi, termasuk ada berapa orang. Nah, apakah layak dipakai atau bagaimana? Ataukah siasat pembentukan tim di dalam kubu lingkaran bupati yang ujung-ujungnya beban APBD,” ujarnya.

Busran meminta Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto, untuk mengevaluasi jumlah staf khusus. Ia pun mendorong agar Wakil Bupati Boltim, Oskar Manoppo difungsikan.

Advertisement

“Mending dia (Bupati) memakai Wakil Bupati dari pada menggunakan staf khusus. Kalau seandainya Wakil Bupati yang difungsikan, semua pekerjaan selesai,” ungkapnya.

Meski begitu, Busran menambahkan staf khusus Bupati memang diperlukan, namun harus yang benar produktif.

“Staf khusus diperlukan. Karena apa, dia sebagai mitra Bupati untuk memberikan masukan, tapi yang produktif,” tambahnya. (aah)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button