Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Sports

CAF Umumkan Jadwal Liga Sepak Bola Afrika, Tanggal Mulai Masih Menimbulkan Kebingungan

Jadwal Liga Sepak Bola Afrika Diumumkan oleh CAF, Tanggal Mulai Menimbulkan Keraguan

Advertisement

Waktu.news | Pada pertemuan para pejabat teratas CAF di Abidjan pada hari Kamis, CAF mengkonfirmasi rencana untuk memulai Liga Sepak Bola Afrika pada bulan Oktober, tetapi terdapat kebingungan mengenai tanggal mulai yang pasti.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, sebagai pembicara tamu di ibu kota komersial Pantai Gading, menyatakan bahwa debut kompetisi klub yang sangat dinantikan ini akan dimulai pada Jumat, 20 Oktober.

Advertisement

Namun, situs web resmi CAF menyebutkan bahwa edisi pertama dengan delapan tim akan dimulai satu hari kemudian, yaitu Sabtu, 21 Oktober.

Liga Sepak Bola Afrika adalah nama baru untuk kompetisi yang sebelumnya diluncurkan di Tanzania sebagai CAF Africa Super League.

Advertisement

Presiden CAF, Patrice Motsepe, menjelaskan dalam wawancara bahwa perubahan nama ini diperlukan karena beberapa sponsor utama memiliki kekhawatiran terhadap asosiasi negatif dengan “Super League” yang pernah gagal di Eropa.

Infantino secara tegas menyatakan bahwa situasi di Afrika berbeda dengan Eropa, dan bahwa Liga Afrika didukung oleh FIFA dan CAF.

Meskipun Liga Sepak Bola Afrika dijadwalkan akan dimulai dalam tiga bulan, masih sedikit yang diketahui tentangnya selain perubahan nama, tanggal mulai pada 20 atau 21 Oktober, serta fakta bahwa jumlah klub peserta akan berkurang dari 24 menjadi delapan tim yang belum diumumkan.

Menurut informasi yang diperoleh dari AFP, beberapa tim yang kemungkinan akan berpartisipasi termasuk juara Liga Champions CAF 2023, Al Ahly dari Mesir, peringkat kedua Wydad Casablanca dari Maroko, serta semifinalis Mamelodi Sundowns dari Afrika Selatan dan Esperance dari Tunisia.

Advertisement

Tim-tim lain yang mungkin ikut serta adalah juara bertahan Nigeria, Enyimba, TP Mazembe dari Republik Demokratik Kongo yang telah memenangkan gelar CAF sebanyak 11 kali, Petro Luanda dari Angola, dan Simba dari Tanzania.

Liga Sepak Bola Afrika direncanakan akan dimulai dengan delapan tim, dan rencananya akan diperluas di masa depan. CAF berharap bahwa kompetisi klub sepak bola di Afrika akan berkembang seiring dengan dukungan dari semua pihak.

Selain itu, CAF telah mengonfirmasi bahwa kompetisi tahunan utama mereka sebelum Liga Sepak Bola Afrika diluncurkan, yaitu Liga Champions dan Piala Konfederasi, akan tetap berlanjut.

Dalam pertemuan di Abidjan, CAF juga mengumumkan bahwa pendapatan komersial mereka meningkat sebesar 17 persen menjadi $125 juta (€111 juta) dalam tahun keuangan terakhir, berkat peningkatan hak siar dan sponsor.

Diharapkan bahwa pendapatan CAF akan meningkat lebih lanjut tahun depan, terutama dengan penyelenggaraan Africa Cup of Nations, yang merupakan sumber pendapatan terbesar bagi CAF dan akan diselenggarakan di Pantai Gading mulai tanggal 13 Januari.

Saat ini, 15 negara, termasuk juara bertahan Senegal, telah mengamankan tempat mereka di turnamen tersebut, sementara sembilan negara lainnya akan diketahui pada bulan September setelah babak kualifikasi terakhir selesai dimainkan. (red)

Advertisement

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button