Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Lipsus

Eksekutif dan Legislatif Menjalin Harmoni dan Semangat Kemitraan dalam Sidang Paripurna Ranperda APBD Bolmut 2022

Advertisement

Waktu.news | Dalam rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Bolmut, Frangky Chendra, seluruh Fraksi menyambut hangat laporan pertanggung jawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022. Suasana semakin meriah ketika Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bolmut memberikan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ketujuh kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI), (25/07/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Juru Bicara Badan Anggaran (Banggar) menyoroti pentingnya koordinasi antar lembaga dalam menghadapi berbagai persoalan dan dinamika dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Bolmut. Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga menekankan bahwa pengawasan dan penganggaran yang sesuai regulasi harus menjadi perhatian utama dalam pengambilan kebijakan anggaran.

Advertisement

Berikutnya, terdapat 12 catatan penting dari Banggar DPRD Bolmut yang perlu ditindaklanjuti. Mulai dari mengatasi piutang daerah, menyelenggarakan kembali aset-aset, hingga mengawasi pelaksanaan kegiatan yang belum terlaksana dan menyelesaikan temuan BPK tepat waktu.

Selain itu, Banggar juga menyoroti pentingnya penggalian potensi daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, fasilitas dan bantuan pelayanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan, serta pembangunan sektor pertanian dan industri kecil.

Advertisement

Sidang Paripurna Ranperda APBD Bolmut 2022

Dalam menghadapi tantangan masa depan, DPRD Bolmut juga berkomitmen untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, mengembangkan kawasan obyek wisata, dan memantapkan ketahanan pangan serta sumber daya air melalui upaya pelestarian lingkungan.

Dalam sambutannya, Bupati Bolmut, Drs. Hi. Depri Pontoh, mengungkapkan apresiasinya kepada pimpinan dan anggota DPRD atas komitmen dan integritas yang ditunjukkan selama proses perumusan Ranperda pertanggungjawaban APBD 2022. Usaha bersama eksekutif dan legislatif telah membuahkan hasil, di mana rancangan peraturan ini telah disetujui bersama Pemerintah Daerah dan DPRD, dan akan dikonsultasikan kepada Gubernur Sulawesi Utara untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah.

Sidang Paripurna Ranperda APBD Bolmut 2022

Advertisement

“Bukti nyata konsistensi kita dalam merajut kerjasama yang kokoh antara Eksekutif dan Legislatif dalam merancang program-program pembangunan daerah demi kepentingan masyarakat,” ujar Bupati dengan bangga.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Bolmut, Drs. Hi. Amin Lasena,MAP, selain itu, tampak pula para pimpinan dan anggota DPRD Bolmut, Sekretaris Daerah dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS, Asisten Sekda, staf Ahli Bupati, serta Pimpinan OPD, yang semuanya bersatu dalam semangat memajukan daerah ini.

Sidang Paripurna ini mencerminkan kesatuan visi dan kesepahaman untuk menghadirkan pembangunan yang berdampak positif bagi masyarakat Bolmut. Sinergi antara para pemangku kepentingan ini memberikan harapan cerah untuk masa depan kabupaten ini, menjadikannya sebagai contoh harmoni dan sinergi antara eksekutif dan legislatif dalam negeri. (adve)

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button