Berita Bolmut

Event Festival Pantai Batu Pinagut 2022: Bolmut Dijuluki Serambi Pariwisata Sulut

Waktu.news, Boroko | Festival Pesona Batu Pinagut tahun 2022 yang diselenggarakan selama 3 hari (19-21 Mei 2022) dengan mengusung tema Explore The Beautiful Of Bolmut.

Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang diwakili oleh Koordinator Event Daerah Wilayah I, Trindiana M. Tikupasang membunyikan Gong tanda dimulainya Festival Pantai Batu Pinagut 2022.

Pihaknya akan terus mendorong dan support event festival pantai batu pinagut, apalagi sudah masuk dalam kalender event nasional, demi kemajuan pariwisata di Indonesia,” ungkapnya.

Sematan Julukan Serambi Pariwisata Sulut

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang diwakili oleh Kadis Pariwisata Sulut, Henry Kaitjily mengungkapkan, dengan melihat begitu banyak potensi yang ada daerah Bolmut ini, maka kabupaten Bolmut bisa Dijuluki sebagai Serambi Pariwisata Sulut.

“Terlebih kabupaten ini berada di jalur trans Sulawesi yang menjadj penghubung dua provinsi, yaitu Sulut dan Gorontalo. Maka bukan hal tidak mungkin destinasi wisata di daerah ini bisa go internasional,” tuturnya.

Serambi Pariwisata Sulut

Ungkapan Selamat Datang Oleh Bupati Depri Pontoh

Bupati Depri Pontoh mengucapakan, Selamat datang kepada menteri pariwisata dan ekonomi kreatif republik indonesia yang diwakili oleh koordinator event daerah wilayah I, Ibu. Trindiana m. Tikupasang, gubernur sulawesi utara yang wakilkan oleh kepala dinas pariwisata provinsi sulawesi utara, Henry Kaitjily, gubernur Gorontalo atau yang mewakili, Bupati Pohuwato Toriq Mondagu, Pemkab Buol diwakili oleh Kadis Koperasi Dra.Ikhlasiani Tonggil, M.AP, Perwakilan Badan Kerjasama Utara-Utara, perwakilan dari kabupaten se Sulawesi utara dan Gorontalo serta unsur Forkopinda.

Sungguh menjadi suatu kebahagiaan bagi kami pemerintah daerah dan masyarakat bolaang mongondow utara atas diselenggarakannya kegiatan ini, sehingga menjadi motivasi bagi kami untuk lebih menggairahkan kepariwisataan di bumi nyiur melambai,” papar bupati.

Lanjutnya, pemerintah daerah dan masyarakat pada tanggal 23 Mei 2022 akan memperingati hari ulang tahun ke-15. di usia yang relatif muda ini, kami terus mampu memberikan warna tersendiri untuk berkerja dan berkarya lebih keras, mewujudkan cita-cita pembangunan daerah, tidak hanya meneguhkan kemandirian daerah, namun lebih untuk membangun partisipasi dan peran serta dari seluruh masyarakat dan komponen di daerah guna “mewujudkan bolang mongondow utara yang berkelanjutan, mandiri, berbudaya dan berdaya saing”. serta mendukung terwujudnya sulawesi utara maju dan sejahtera sebagai pintu gerbang indonesia ke asia pasifik.

“Alhamdulillah tahun ini festival pesona batu pinagut kembali dapat dilaksanakan setelah sempat tidak dilaksanakan dalam kurun waktu dua tahun terakhir karena pandemi covid-19. tentunya ini akan memberi arti penting dalam meningkatkan dan mengembangkan kesenian, kebudayaan dan ekonomi kreatif dalam rangka mengoptimalkan promosi potensi-potensi pariwisata bolaang mongondow utara di tingkat nasional,” jelasnya.

Serambi Pariwisata Sulut

Terima Kasih Dari Bupati

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia “Bapak dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno” yang telah memberikan dukungan dan arahan kepada kami pemerintah daerah sehingga terlaksananya kegiatan festival pesona batu pinagut pada hari ini.

Ucapan yang sama juga untuk Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE yang telah memberikan respon positif atas dilaksanakannya festival pesona batu pinagut, dengan memberikan dukungan berupa pelatihan bagi pelaku ekonomi kreatif melalui dinas pariwisata provinsi sulawesi utara dalam upaya peningkatan kapasitas para pelaku usaha ekonomi kreatif di kabupaten bolaang mongondow utara,” ungkapnya.

Maksud dan Tujuan Festival Pesona Pantai Batu Pinagut

Maksud dan Tujuan Festival Pesona Pantai Batu Pinagut 2022 ini untuk menggali potensi alam dan keanekaragaman budaya yang ada dengan mempromosikan potensi wisata dan budaya dengan keunikan seni, tradisi dan kearifan local serta menjalin komunikasi multi pihak dalam membangun bolmut juara melalui pertumbuhan ekonpomi yang mandiri, adil dan berkelanjutan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Bolmut, Mohammad Noval Djarumia SE, M.Si.

Sebagian masyarakat yang hadir dalam event tersebut mengatakan, untuk festival pesona batu pinagut tahun 2023 agar dibuat lebih meriah lagi, jangan tangung-tangung untuk mengeluarkan anggaran dalam pelaksanaan event ini, dan penataan batu pinagut lebih di “percantik” lagi terutama dilokasi inti yang menuju pantai batu pinagut.

Baca Juga; Kejutan Batu Pinagut, dan Sebutan Henry: “Bolmut Serambi Pariwisata Sulut”

Kegiatan Festival Pesona Pantai Batu Pinagut

Diketahui, event kegiatan FPBP 2022 ini, ada sebanyak Sembilan kegiatan yang dilombakan yang diataranya; pameran ekonomi kreatif, pagelaran seni dan budaya, kecamatan expo, mancing mania, wall climbing, lomba voli pantai, online game tournament, lomba menu pangan local, bolmut fun run. (rhp)

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button