Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Sports

FIA Mencanangkan Pembatasan Akses ke Grid F1 Usai Insiden Neymar di GP Spanyol

Advertisement

Waktu.news | FIA telah mengisyaratkan adanya rencana untuk membatasi akses ke grid sebelum balapan pada seri-seri teratas, termasuk Formula 1, setelah terjadi insiden yang melibatkan Neymar dalam Grand Prix Spanyol tahun ini.

Dalam beberapa acara balap seperti F1, Formula E, Kejuaraan Ketahanan Dunia, dan lainnya, selebriti, tamu undangan, dan anggota media internasional diberikan izin dengan jumlah terbatas untuk bergabung dengan pejabat seri dan personel tim di grid sebelum balapan dimulai.

Advertisement

Namun, akses ini kini sedang dalam perhatian serius setelah terjadinya insiden di mana para tamu, termasuk pemain sepak bola Brasil Neymar Jr, masih berada di tepi lintasan utama ketika lap formasi Grand Prix Spanyol bulan ini dimulai.

Kasus ini muncul ketika Dewan Olahraga Otomotif Dunia FIA masih menunggu hasil tinjauan atas insiden penyerbuan lintasan yang terjadi pada akhir GP Australia bulan April. Petinggi balapan telah dipanggil oleh pengawas segera setelah kejadian tersebut.

Advertisement

Dalam laporan yang diharapkan akan diajukan oleh promotor acara pada bulan Juni, FIA memperkirakan akan menerima “rencana perbaikan yang mengatasi kekhawatiran akan keselamatan dan keamanan”.

Autosport memperoleh informasi bahwa salah satu langkah yang sedang dipertimbangkan adalah memberlakukan pembatasan akses ke grid.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh WMSC (World Motor Sport Council), “melindungi kesehatan dan kesejahteraan semua orang yang berada di grid – tamu, pejabat, dan tim – merupakan prioritas utama bagi FIA”.

Dalam beberapa kesempatan, F1 telah memberikan izin kepada tamu selebriti untuk masuk ke grid saat mobil-mobil memulai pemanasan. Pada tahun 2017, mereka mengatur sesi pemotretan khusus dengan Usain Bolt di Grand Prix Amerika Serikat hanya beberapa saat sebelum lap formasi dimulai.

Advertisement

Presiden FIA, Mohammed Ben Sulayem, mengatakan: “Kami harus mengambil pelajaran dari insiden yang terjadi dalam Grand Prix Spanyol. FIA telah memperoleh jaminan dari Stefano Domenicali [CEO F1] bahwa langkah-langkah sedang diambil untuk memastikan bahwa tidak akan ada lagi insiden serupa.

“Hal ini bukan hanya menjadi masalah di Formula 1, tetapi juga di Formula E, Kejuaraan Ketahanan Dunia, dan kategori-kategori lainnya berdasarkan pengalaman saya dalam beberapa acara di mana terlalu banyak orang berada di grid.

“Saya yakin bahwa dalam semua kasus, para promotor akan mematuhi persyaratan FIA terkait keselamatan dan keamanan. Tugas FIA adalah menciptakan lingkungan yang aman bagi semua orang. Keselamatan dalam olahraga otomotif adalah prioritas utama Federasi ini.”

Dalam pertemuan WMSC pada hari Selasa di Cordoba, Spanyol, pemasok tunggal sensor ketukan (Bosch) dan perangkat pemantauan isolasi (Bender GmbH & Co. KG) ditunjuk untuk peraturan unit daya F1 baru yang akan dimulai pada tahun 2026. (red)

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button