Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Techno

Google Diserang Gugatan Hak Cipta oleh Saingan Pencarian Kerja Online Denmark

Advertisement

Waktu.news | Pada hari Kamis lalu, Alphabet’s (GOOGL.O) Google digugat oleh pesaing pencarian kerja online asal Denmark, Jobindex. Ini terjadi setahun setelah Jobindex mengadukan kepada regulator persaingan UE bahwa raksasa teknologi AS ini memihak layanan pencarian kerja miliknya sendiri secara tidak adil.

Kali ini, Asosiasi Media Denmark atas nama Jobindex melancarkan serangan hukum dengan tuduhan pelanggaran hak cipta di pengadilan Denmark.

Advertisement

Jobindex menuduh Google menyalin iklan lowongan pekerjaan ke dalam layanannya tanpa izin, dan mereka menginginkan kompensasi serta ganti rugi atas pelanggaran hak cipta ini.

Yang menarik adalah bahwa ini adalah gugatan pertama yang terjadi di pengadilan Denmark berdasarkan peraturan hak cipta UE yang baru. Peraturan tersebut mengatur tanggung jawab platform terhadap konten yang diunggah ke dalam layanan mereka, dan mulai berlaku pada tahun 2021.

Advertisement

“Kami siap bersaing dengan Google, tetapi persaingan haruslah sejajar. Kami tidak ingin melihat Google for Jobs menyajikan produk-produk yang bukan milik mereka di rak-raknya,” kata Kaare Danielsen, CEO Jobindex, dalam sebuah pernyataan tegas.

Mads Brandstrup, CEO Asosiasi Media Denmark, mendesak otoritas Denmark untuk menegakkan aturan hak cipta ini terhadap Big Tech.

Menariknya, Jobindex tidak menggunakan alat-alat dari Google untuk melaporkan konten yang melanggar hak cipta. Sebuah juru bicara dari Google menjelaskan, “Fungsi Pekerjaan dalam Pencarian Google diciptakan untuk memudahkan pencarian pekerjaan, sehingga orang dapat menemukan hasil pekerjaan yang relevan dengan cepat. Ini meningkatkan lalu lintas dan kesesuaian pekerjaan bagi penyedia pekerjaan yang berpartisipasi. Setiap penyedia pekerjaan, baik besar maupun kecil, dapat berpartisipasi dalam fungsi ini. Tidak ada yang terlibat dalam fungsi Pekerjaan dalam Pencarian kecuali jika mereka ingin berpartisipasi, dan kami menghormati setiap keputusan untuk tidak ikut serta dalam fitur-fitur ini.”

Hingga saat ini, pengawas persaingan UE belum mengambil tindakan terkait keluhan yang diajukan oleh Jobindex. (red)

Advertisement

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button