Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Techno

Google Search Berhenti Memanjakan Pengguna dengan Tips How-to di Komputer

Google Search akhirnya mengakhiri pameran hasil pencarian bergengsi How-to pada layar komputer mereka kemarin.

Advertisement

Waktu.news | Pengumuman epik dari Google. Di dalam pembaruan terbaru pada blog mereka yang telah dirilis sejak 8 Agustus lalu mengenai penurunan eksposur untuk hasil FAQ dan HowTo, Google akhirnya mengumumkan:

Langkah berani ini dilakukan setelah satu bulan sejak Google mengumumkan HowTo tidak lagi akan muncul di perangkat seluler dan hanya tersedia bagi pengguna komputer.

Advertisement

Google menyampaikan, “Seiring dengan upaya kami untuk menyederhanakan hasil pencarian Google, kami memutuskan untuk merilis perubahan ini juga untuk pengguna komputer. Mulai 13 September, Google Search tak lagi akan memanjakan Anda dengan hasil bergengsi How-to di komputer, yang berarti jenis hasil ini sekarang telah masuk dalam daftar hitam.”

“Perubahan ini akan mencerminkan dalam statistik tampilan pencarian How-to pada laporan kinerja, serta jumlah impresi yang dilaporkan dalam laporan peningkatan How-to. Karena hasil How-to kini tak lagi muncul dalam Google Search, kami berencana untuk menghapus tampilan pencarian How-to, laporan hasil bergengsi, serta dukungan dalam uji hasil bergengsi dalam waktu 30 hari. Untuk memberi Anda cukup waktu untuk menyesuaikan panggilan API Anda, dukungan untuk How-to di API Search Console akan dihapus dalam 180 hari.”

Advertisement

Perubahan pada hasil FAQ dan HowTo bergengsi, seperti yang diungkapkan oleh John Mueller, Advokat Pencarian Google Mengapa perlu kita perhatikan? Jika hasil bergengsi How-to sebelumnya membantu meningkatkan lalu lintas situs Anda, maka mulai dari kemarin Google akan mengambil semua keuntungan tersebut. Dan karena jenis hasil ini kini masuk dalam daftar hitam, maka pelaporan tersebut juga akan segera lenyap dari Google Search Console.

36 hari sejak pengumuman ini. Google pernah mengatakan bahwa hasil bergengsi How-To yang bersumber dari data terstruktur HowTo hanya akan muncul di hasil pencarian komputer, dan tidak lagi pada perangkat seluler, ketika perubahan ini diumumkan pada tanggal 8 Agustus.

Google menambahkan, “Dengan indeksasi seluler, Google mengindeks versi seluler situs web sebagai dasar indeksasi: jika Anda ingin agar hasil bergengsi How-To muncul di komputer, maka versi seluler situs web Anda harus mencakup penanda yang sesuai.”

Tetapi sekarang, hasil bergengsi How-To telah lenyap dengan sempurna – baik dari komputer maupun perangkat seluler Anda.

Advertisement

Hasil FAQ yang bergengsi juga telah menghilang. Google juga mengumumkan bulan lalu bahwa hasil FAQ yang bergengsi hanya akan muncul untuk situs web pemerintah dan kesehatan yang dikenal dan berwenang. Penurunan tersebut akhirnya dimulai kemarin juga.

Seperti yang dilaporkan oleh Barry Schwartz di Search Engine Roundtable, “Pertanyaan Umum (FAQ) dalam hasil pencarian Google kini hampir tidak lagi muncul dalam hasil pencarian. Jika Anda melihat alat pelacakan, mereka menunjukkan penurunan besar dalam seberapa sering hasil FAQ yang bergengsi muncul dalam hasil pencarian Google.”

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button