Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Politik

Ini Tiga Nama Caleg Demokrat Boltim Dapil 3 yang Lolos ke DPRD Periode 2024-2029

Advertisement

Sebanyak tiga Calon Legislatif (caleg) dari Partai Demokrat Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Modayag, Modayag Barat dan Moaat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, (Boltim), Sulawesi Utara (Sulut) dipastikan lolos menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim untuk periode 2024-2029.

Hal ini didasari pada hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 di tingkat kabupaten yang diumumkan KPU Boltim, 1 Maret lalu.

Advertisement

Pengumuman tersebut juga menyebutkan jumlah perolahan suara partai politik dan nama-nama caleg di masing-masing daerah pemilihan (Dapil).

Dari hasil kalkulasi perolehan suara dan pemeringkatan menggunakan metode sainte lague, terdapat tiga caleg dari Partai Demokrat yang berpotensi besar untuk menduduki kursi DPRD Boltim.

Advertisement

Menariknya, ketiga caleg tersebut adalah perempuan. Berikut nama-nama dan perolehan suara Caleg Partai Demokrat Dapil 3 Boltim meliputi Kecamatan Modayag, Modayag Barat dan Mooat:

1. Lucia Kristina Mokoginta

Lucia Kristina Mokoginta meraih suara di Dapil 3 dengan total 1.526 suara. Lusia berada di posisi kursi ke dua dari sembilan jatah yang tersedia.

2. Deisy Minarni Simbala

Deisy Minarni Simbala meraih suara terbanyak kedua setelah Lucia Kristina Mokoginta. Total perolehan suara Deisy Minarni Simbala sebanyak 1.274 suara.

Deisy sendiri menduduki posisi kursi ke lima dari total jatah kursi yang tersedia di Dapil 3.

Advertisement

3. Alisya Angelina Rondonuwu

Alisya Angelina Rondonuwu meraih suara dengan total 1.065 suara. Meski berada di posisi ketiga suara terbanyak internal partai demokrat, Alisya Angelina Rondonuwu lolos ke DPRD menduduki kursi ke tujuh dari sembilan jatah kursi yang tersedia.

Keberhasilan ketiga perempuan ini merupakan bukti bahwa partisipasi perempuan dalam politik semakin tinggi. Masyarakat Boltim telah menunjukkan kepercayaan mereka kepada perempuan untuk memimpin dan mewakili aspirasi mereka di DPRD.

Sebagai catatan, data yang ditampilakan waktu.news ini adalah perolehan suara sah dan peringkat suara sah calon anggota DPRD Kabupaten Boltim. Untuk penetapan resmi perolehan kursi dan caleg yang terpilih akan ditetapkan oleh KPU.

Ketua KPU Boltim, Rusmin Mamonto mengatakan penempatan alokasi kursi serta calon terpilih akan ditetapkan usai penetapan hasil Pemilu 2024 secara resmi oleh KPU RI nanti.

“Tentunya kami menuggu penetapan hasil Pemilu 2024 secara naional oleh KPU. Sesuai jadwal, penetapannya pada tanggal 20 Maret 2024,” kata Rusmin Mamonto kepada wartawan.

Lebih lanjut, Rusmin mengatakan usai penetapan KPU RI tersebut, pihaknya akan segera menenapkan calon anggota DPRD Boltim terpilih periode 2024-2029 apabila tidak ada sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi.

“Dan, kami juga masih menunggu tiga hari setelah penetapan itu, apakah ada sengketa atau tidak. Kalau memang tidak, ya kami langsung melakukan penetapan calon terpilih,” sambungnya. (aah)

Advertisement

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button