Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Sports

Inovasi Google AI Dalam Sepakbola: Liverpool Berikan Restu Pada TacticAI

Advertisement

Liverpool, Inggris – Ahli analisis sepakbola Liverpool memberikan pernyataan persetujuan mereka terhadap alat kecerdasan buatan terbaru dari Google yang memberikan saran terbaik untuk taktik tendangan sudut, demikian dikatakan oleh para peneliti pada hari Selasa.

Meskipun belum ada pemain Liverpool – atau bahkan manusia biasa – yang mencoba saran dari asisten AI ini, seorang ahli luar memberikan peringatan bahwa nilai alat tersebut hanya bisa terbukti di lapangan.

Advertisement

Banyak klub kaya di seluruh dunia telah menggunakan para ahli untuk menyusun rencana dengan cermat berdasarkan video dan data untuk situasi tendangan sudut sebelum pertandingan dimulai.

Google DeepMind, divisi kecerdasan buatan dari raksasa teknologi AS itu, juga memperhatikan tendangan sudut untuk sistem baru mereka yang disebut TacticAI dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications.

Advertisement

Untuk studi ini, para peneliti menggandeng bantuan dari lima ahli dari Liverpool, yang saat ini menduduki posisi kedua dalam Liga Utama Inggris.

TacticAI menawarkan saran kepada pelatih tentang posisi yang tepat bagi pemain saat menyerang dan bertahan di tendangan sudut, seringkali melibatkan penyesuaian yang sangat kecil dalam penempatan dan kecepatan.

Dalam 50 pengaturan sudut yang berbeda, para ahli diminta untuk memilih antara saran AI atau taktik yang sudah digunakan sebelumnya selama latihan – tanpa mengetahui mana yang mana.

Analis Liverpool memilih saran dari TacticAI dalam 45 kasus, yang berarti mereka memilih saran tersebut sebanyak 90 persen dari waktu, sesuai dengan hasil studi tersebut.

Advertisement

Petar Velickovic, ilmuwan peneliti Google DeepMind dan salah satu penulis studi tersebut, mengatakan kepada AFP bahwa alat ini adalah asisten AI pertama yang “mampu memberikan saran yang berguna dan praktis” yang tidak dapat dibedakan dari taktik manusia dalam olahraga.

Model ini menggunakan data tentang posisi, kecepatan, berat, dan tinggi pemain di Liga Utama Inggris.

Dibandingkan dengan miliaran atau triliunan titik data yang biasanya digunakan untuk melatih model AI, hanya informasi yang “cukup primitif” yang tersedia untuk situasi tendangan sudut, kata Velickovic.

Velickovic mengatakan bahwa “rahasia” model ini adalah geometri deep learning, sebuah teknik kecerdasan buatan yang memungkinkan para peneliti untuk memperoleh lebih banyak data.

Meskipun studi ini difokuskan pada tendangan sudut, para peneliti mengatakan bahwa sistem ini bisa diperluas ke bagian lain dari sepakbola – bahkan olahraga lainnya.

Apakah setiap klub akan menggunakan AI di masa depan?

Ini bukan kerja sama pertama antara Liverpool dan DeepMind, yang awalnya adalah startup Inggris sebelum dibeli oleh Google.

CEO DeepMind, Demis Hassabis, adalah “penggemar berat” Liverpool, kata Zhe Wang, penulis utama studi tersebut.

Advertisement

Velickovic mengatakan bahwa meskipun pemain Liverpool belum mencoba TacticAI dalam situasi tendangan sudut, “kita mungkin akan melihat klub mencoba teknik seperti ini” di masa depan.

Tentu saja, Liverpool sendiri telah memiliki sejarah sukses dalam situasi tendangan sudut. Dalam jajak pendapat online, para penggemar Liverpool memilih sebuah tendangan sudut yang dicetak oleh Divock Origi – dan disilangkan oleh Trent Alexander-Arnold – dalam semifinal Liga Champions 2019 sebagai yang terbesar yang pernah dicetak untuk klub.

Andy Harland, seorang profesor teknologi olahraga di Universitas Loughborough Inggris yang tidak terlibat dalam penelitian ini, meragukan nilai alat AI tersebut.

Apakah TacticAI “bernilai atau tidak akan dipahami oleh siapa pun yang menggunakannya dalam pertandingan-pertandingan mendatang,” kata dia kepada AFP.

“Saya curiga ini hanya merupakan kontribusi tambahan untuk ruang yang sudah padat,” kata Harland.

Dan “jika semua orang menggunakan AI mereka sendiri” di masa depan, mereka mungkin akan saling meniadakan, tambahnya.

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button