Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
DaerahManado

Ketua KPK Nawawi Pomolango Berbagi Kenangan Masa Sekolah di SMA Negeri 1 Manado

Advertisement

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Indonesia, Nawawi Pomolango, terlihat terharu saat berkunjung ke SMA Negeri 1 Manado, Sulawesi Utara, pada hari Senin, 2 September 2024. Saat memberikan materi dalam acara Sosialisasi Pendidikan Anti Korupsi bagi pelajar SMA/SMK se-Sulut, Pomolango terkenang dengan masa lalunya di sekolah yang sama pada tahun 1981 bersama Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.

Keduanya memiliki sejarah yang unik di SMA ini, sering menghabiskan waktu bersama saat belajar di kelas dua IPS. “Di tahun 80an, saya meninggalkan tempat ini, tempat di mana saya dan Pak Olly sering menghabiskan waktu, termasuk di rumah teman dekat sekolah yang menjadi tempat pak Olly memasak,” kenang Pomolango.

Advertisement

Olly Dondokambey, yang kini menjadi tokoh penting di Jakarta dan berperan dalam pembangunan kembali Sulawesi Utara, dikenal sebagai ahli memasak Tinorangsak selama masa sekolahnya. Tinorangsak, sebuah hidangan daging yang pedas dengan campuran rempah-rempah khas Manado seperti lada, bawang, kunyit, dan serai, menjadi salah satu kenangan indah bagi Pomolango. “Pak Olly ini, dulu tukang masaknya. Luar biasa beliau meracik-racik tinorangsak, jadi kalau mau jadi gubernur harus pintar masak dulu,” ujarnya sambil tertawa.

Dalam kunjungan tersebut, ketika Pomolango tiba di SMA Negeri 1 Manado, kepala sekolah menyuguhkan data-data lama Pomolango selama bersekolah di sana. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Olly yang mengatakan, “Tadi disuguhi oleh Pak kepala sekolah data-data pada saat Pak ketua bersekolah di sini.”

Advertisement

Olly juga memanfaatkan kesempatan ini untuk menginspirasi siswa SMA/SMK se-Sulut yang hadir, menekankan pentingnya integritas dalam pendidikan. “Kalau tidak punya integritas, tentunya percuma kita pintar-pintar. Kita membawa amanah dari orang tua, dari guru-guru, mengajarkan kita untuk melakukan sesuatu yang baik. Semoga bermanfaat bagi anak cucu kita ke depan,” ajaknya, menyerukan semangat kepada para pelajar.

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button