Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Khazanah

Kiswa Ka’bah Diangkat Tiga Meter Menjelang Haji 2024

Advertisement

Otoritas Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci menyelesaikan prosedur tahunan mereka pada hari Rabu dengan mengangkat bagian bawah penutup (kiswa) Ka’bah sekitar tiga meter. Bagian kiswa yang diangkat ini kemudian ditutupi dengan kain katun putih berukuran dua setengah meter lebar dan 54 meter panjangnya di keempat sisi Ka’bah.

Langkah ini sesuai dengan rencana musim Haji 2024. Setiap tahun, pengangkatan kiswa Ka’bah dilakukan sebagai tindakan pencegahan untuk mencegah jamaah merusak kiswa, karena banyak jamaah yang cenderung menyentuhnya saat melakukan tawaf (mengelilingi Ka’bah) di Masjidil Haram, Mekkah, menurut laporan dari Saudi Press Agency.

Advertisement

Proses pengangkatan kiswa kali ini melibatkan 36 teknisi Saudi yang terlatih, menggunakan 10 derek. Pengangkatan kiswa dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama adalah melepaskan bagian bawah penutup dari semua sisi, diikuti dengan memisahkan sudut-sudutnya, kemudian melepas tali bawah dan mengeluarkannya dari cincin pengikat, lalu kain tersebut digulung ke atas.

Setelah itu, lentera-lentera di sekitar Ka’bah dibongkar, kain putih dipasang, dan lentera-lentera tersebut dipasang kembali di atas kain putih hingga tahap akhir, yaitu membungkus bagian bawah tirai pintu Ka’bah.

Advertisement

Kiswa tersebut dibungkus mengelilingi Ka’bah dengan ketinggian tiga meter, sejajar dengan permukaan pada ketinggian satu meter dari tanah.

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button