Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
BuolDaerah

KPU Buol Fokus pada Akurasi Data Pemilih Jelang Pilkada 27 November 2024

Advertisement

Nanang, SE, selaku Ketua KPU Kabupaten Buol, menegaskan pentingnya keakuratan data pemilih menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Buol pada November mendatang. Ia menyampaikan hal ini dalam sambutannya pada koordinasi bersama para stakeholder terkait penyusunan dan persiapan hasil pencocokan dan penelitian (Coklit) yang diadakan oleh KPU Buol pada Selasa, 23 Juli 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Nanang menekankan bahwa keberhasilan Pilkada Buol dan Pilkada Sulteng 2024 sangat bergantung pada kesinambungan semua tahapan yang diatur sesuai jadwal nasional. Ia mengingatkan bahwa kesalahan data dapat mengakibatkan berbagai masalah di masa depan, sehingga ia meminta semua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Panitia Pendaftaran Pemilih (RTK) di seluruh wilayah untuk serius dalam mengawasi penyesuaian data pemilih.

Advertisement

Lebih lanjut, Nanang meminta sinkronisasi data dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mencegah masalah yang berlarut-larut di tingkat kabupaten. Ia juga mengingatkan peserta rakor untuk memperhatikan materi yang disampaikan demi memperkuat dasar dalam menangani isu terkait daftar pemilih.

Rakor ini berlangsung selama dua hari dan melibatkan berbagai pihak, termasuk Bawaslu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), serta instansi terkait lainnya, bertujuan untuk memastikan daftar pemilih yang ditetapkan untuk Pilkada 2024 benar-benar akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Advertisement

Dalam rangkaian kegiatan ini, akan diadakan rapat pleno yang dimulai pada 1-3 Agustus 2024 bersama Badan Pusat Statistik (BPS), diikuti dengan rapat pleno di tingkat kecamatan pada 5-7 Agustus 2024, dan di tingkat kabupaten pada 9-11 Agustus 2024. Jadwal ini akan disesuaikan dengan kondisi dan situasi terkini.

Hadir dalam acara ini, antara lain, anggota KPU Kabupaten Buol seperti Ali, S.Si, Eko Budiman, S.Sos, Faisal J Usman, SE, Gusti Aliu, SH, serta Sekretaris dan jajaran KPU Kabupaten Buol. Juga terlibat Ketua Bawaslu Kabupaten Buol, Wakapolres Buol, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Buol, Sekretaris Kominfo, Kepala Dinas Sosial, Kepala Badan Kesbangpol, Kajari Buol, anggota PPK se-Kabupaten Buol, dan insan pers.

Advertisement

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button