Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
BolselDaerah

KUA dan PPAS 2025: Bolsel Siapkan Belanja Efektif, Proyeksi Ekonomi Makin Positif

Advertisement

Pada Kamis, 1 Agustus 2024, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolsel berhasil melaksanakan empat agenda penting dalam satu rapat paripurna. Empat agenda tersebut meliputi: Penetapan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) untuk tahun anggaran 2025, Penyampaian Rancangan Perubahan KUA dan PPAS tahun anggaran 2024, pembahasan tujuh Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif DPRD, dan pembicaraan tingkat II terhadap tiga Ranperda yang diusulkan oleh eksekutif.

Rapat yang diadakan di Kabupaten Bolsel ini dipimpin oleh Ketua DPRD Ir. Arifin Olii dan dihadiri oleh Bupati H. Iskandar Kamaru SPt, MSi. Hadir pula jajaran eksekutif, anggota DPRD, serta para pejabat terkait lainnya, termasuk Sekda Marzanzius Arvan Ohy dan para Asisten Sekda.

Advertisement

Bupati Iskandar menyatakan bahwa rancangan perubahan KUA-PPAS untuk tahun anggaran 2024 berfokus pada penyesuaian arah kebijakan pembangunan lokal dengan nasional, bertujuan mendukung program-program prioritas dan memastikan penggunaan belanja yang efektif. “Kita melihat pertumbuhan ekonomi yang positif dengan proyeksi antara 4,50-5,61% untuk tahun 2024,” terangnya. Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa APBD 2024 diubah dari Rp. 609,5 milyar menjadi Rp. 617,9 milyar dengan komponen belanja daerah meningkat dari Rp. 625,9 milyar menjadi Rp. 676,7 milyar.

Selain itu, rencana untuk tahun anggaran 2025 sudah disepakati bersama legislatif untuk memulai berbagai proyek infrastruktur, termasuk pembangunan rumah adat dan renovasi total alun-alun. “Pembangunan gedung kantor dinas baru di kawasan pusat pemerintahan Panango juga akan menjadi prioritas,” tambah Iskandar.

Advertisement

Rapat paripurna tersebut juga menyaksikan kehadiran berbagai pejabat tinggi dan fungsional Pemda, yang semua bersatu padu dalam membahas dan menyepakati berbagai rancangan dan perubahan kebijakan yang akan membawa kemajuan bagi Kabupaten Bolsel.

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button