Food

10 Macam Makanan Khas Daerah Gorontalo, Tili Aya dan Lalampa Masih Jadi Favorit

Makanan Khas Gorontalo terkenal dengan rasa pedas dan asamnya. Hidangan panas tanpa campuran gula dan makanan tanpa pengawet adalah contoh keasliannya.

Penulis menyimpulkan 10 Macam Makanan Khas Daerah Gorontalo, beberapa di antaranya tidak menggunakan beras sebagai bahan utama.

Sebaliknya, mereka mengandalkan sagu, jagung, dan singkong sebagai sumber makanan utamanya.

Tampaknya ada 10 lauk lainnya di menu, semuanya termasuk makanan laut seperti ikan dan udang. Sayuran seperti terong, selada air, dan pakis termasuk di antara sepuluh jenis makanan nabati Indonesia yang paling umum.

Potongan berukuran gigitan biasanya terdiri dari jagung (jagung), ubi (kentang), pisang (pisang), dan tepung beras (beras). Namun, kami hanya akan membahas beberapa makanan khas Gorontalo dalam artikel ini.

Jadi, persiapkan diri Anda, dan kemudian kita akan langsung mulai.

Berikut ini 10 Macam Makanan Khas Daerah Gorontalo

Sate Tuna

Makanan Khas GorontaloSate Tuna Gorontalo, khususnya, adalah makanan yang langka. Ini berbeda dengan tempat makan seafood konvensional yang hanya menyajikan ikan yang sudah hangus atau makan dalam keadaan alami. Di Gorontalo, ikan ini di potong dulu kemudian tusuk seperti sate, dan siap untuk di santap.

Namun, selain Sate Tuna, ada cara olahan ikan lainnya, seperti sashimi, woku, sup tuna, dan dada tuna panggang.

Ilabulo

Makanan Khas GorontaloOrang yang tidak lahir di Gorontalo mungkin salah mengira hidangan ini sebagai Pepes. Ilabulo memang memiliki kemiripan yang mencolok dengan Pepes.

Pepes, di sisi lain, adalah rasa yang sangat berbeda. Ilabulo, hidangan populer di Gorontalo, terbuat dari sagu dan hati ayam.

Ilabulo biasanya tersaji untuk makan siang di Gorontalo oleh penduduk setempat.

Artikel Terkait; 10 Jenis Makanan yang Membantu Menghilangkan Kram Otot

Tabu Moitomo

Makanan Khas Daerah Gorontalo Tabu Moitomo adalah sup kental berwarna gelap dengan sajian daging sapi atau unggas dengan 30 topping berbeda, yang mencakup berbagai macam bumbu dan rasa yang dapat di temukan di Gorontalo.

Makanan Khas GorontaloHidangan ini biasanya disediakan untuk acara-acara luar biasa seperti pernikahan, kumpul-kumpul dengan keluarga besar, dan acara lainnya.

Memasak Tabu Moitomo merupakan makanan yang menenangkan bagi sebagian orang, di anggap sebagai usaha keluarga karena memakan waktu berjam-jam, membutuhkan beberapa orang untuk menumbuk bumbu dan rasa, serta menunggu sampai dagingnya matang.

Bilenthango

BilenthangoIkan yang telah diolah dengan cara tertentu digunakan untuk membuat hidangan pokok Gorontalo yang dikenal sebagai bilenthango. Hidangan ini terbuat dari ikan Mujair, dan memiliki profil rasa yang tidak biasa dan berbagai komponen.

Memasak hidangan ini terbilang cukup mudah. Ikan hanya perlu di goreng dengan minyak. Ini akan memiliki rasa yang berbeda dari yang lain dan pasti akan membuat lidah Anda bergetar.

Binte Biluhuta

Binte Biluhuta terkenal sebagai Makanan Khas Daerah Gorontalo, kota yang masih kental dengan adat istiadat ini juga memiliki produksi jagung yang melimpah ruah.

Binte BiluhutaIstilah “Binte Biluhuta” berasal dari kata “Binte” yang berarti jagung, dan “Biluhuta” yang berarti disiram. Maksud di balik ini adalah untuk menciptakan istilah yang dapat di terjemahkan sebagai “jagung berair”.

Selain berbahan dasar jagung, masakan ini juga mengandung berbagai bahan lainnya, terutama udang, cakalang, ketan, dan kelapa giling. Anda dapat memasukkan jus lemon ke dalam resep jika Anda ingin rasanya lebih kuat.

Artikel terkait lainnya; Makanan Penambah Kekebalan Tubuh Untuk Wanita Di Atas 40 Tahun

Lalampa

lalampaLalampa adalah jajanan khas Gorontalo yang dimasak dengan nasi ketan. Hidangan ini sangat mirip dengan Lemper yang di makan di Jawa; namun, fakta bahwa itu di buat dengan cara di bakar adalah aspek terpenting dari hidangan ini.

Selain itu yang khas adalah isiannya. Jika Lemper termasuk ayam, maka di Lalampa akan ada tumpukan ikan cakalang di atasnya, dan di taburkan minyak sayur sebelum hangus.

Dengan cara ini, Lalampa di penuhi dengan aroma yang menarik, yang juga meresapi Lalampa itu sendiri. Jika Anda menikmati mengunyah makanan, Anda juga harus membaca.

Tilumiti Lo Kando

Tilumiti Lo Kando adalah hidangan dengan dabu-dabu panas, yaitu saus yang mirip dengan salsa tetapi di buat lebih enak dengan penambahan beberapa sendok minyak kelapa buatan tangan dan sedikit air jeruk nipis.

Karena ikannya sangat segar, Anda tidak perlu repot menambahkan bumbu atau rasa tambahan ke dalamnya.

Nasi Kuning

Ikan, kuah bening yang gurih, dan telur yang sudah matang di sajikan bersama nasi kuning saat di hidangkan. Selain itu, di sajikan dengan sambal pedas.

Di Gorontalo, Nasi Kuning adalah bagian dari menu sarapan standar, sedangkan di Jawa, hidangan ini khusus untuk acara-acara khusus.

Duduli

Bahan ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah yang sudah halus di gunakan dalam pembuatan duduli. Di Gorontalo, makan makanan ini adalah cara untuk menyapa dan pergi sebagai bagian dari konvensi sosial.

Tili Aya

Tili AyaPada setiap pertemuan tradisional, Makanan Khas Daerah Gorontalo Tili Aya biasanya disajikan sebagai lauk atau sebagai pelengkap nasi dan pesta penting lainnya yang disajikan.

Tili Aya di buat dengan gula yang mempunyai warna mirip dengan bumi, yang kemudian di padukan dengan telur dan santan tertentu.

Setelah itu, adonan di kukus hingga mencapai tingkat kematangan yang di inginkan. Persiapan Tili Aya tidak dapat di sangkal adalah permainan anak-anak.

Itulah 10 Macam Makanan Khas Daerah Gorontalo yang dapat penulis review, semoga berguna buat jadi bahan masukan jika anda datang ke derah itu.

Artikel Terkait;

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button