Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Blog

Mengulas Inovasi Terbaru Google: Circle to Search dan Era Baru Multisearch Berbasis AI

Advertisement

Selama lebih dari dua puluh tahun, kami terus-menerus memperbaharui konsep mesin pencarian, selalu diarahkan oleh misi kami untuk menyusun informasi dunia dan menjadikannya mudah diakses dan bermanfaat bagi semua orang. Semua ini terjadi seiring dengan kemajuan terus-menerus dalam kecerdasan buatan (AI) kami, yang membantu kami memahami informasi dalam berbagai bentuk, mulai dari teks, audio, gambar, hingga video.

Dalam perjalanan evolusi ini, kami berusaha membuat pencarian semakin mudah dilakukan dengan cara yang lebih alami dan intuitif. Sebagai contoh, kini Anda dapat mencari dengan suara atau menggunakan kamera Anda dengan Lens. Dan yang terbaru, kami tengah menguji kemampuan AI generatif dalam memahami bahasa alami sehingga Anda dapat bertanya pada Mesin Pencari dengan cara yang lebih alami.

Advertisement

Visi kami adalah menciptakan masa depan di mana Anda dapat melakukan pencarian dengan cara apa pun dan di mana saja yang Anda inginkan. Sekarang, pada tahun 2024, kami memperkenalkan dua pembaruan besar yang membawa visi ini lebih dekat ke kenyataan: Circle to Search dan pengalaman multisearch yang didukung oleh kecerdasan buatan. Yuk, kita simak apa saja yang akan terjadi.

Circle (atau sorot atau coret) to Search Hari ini, kami mempersembahkan Circle to Search, cara pencarian baru di layar ponsel Android tanpa perlu beralih aplikasi. Hanya dengan gerakan sederhana, Anda dapat memilih gambar, teks, atau video dengan cara alami Anda – seperti membuat lingkaran, menyorot, mencoret, atau mengetuk — dan temukan informasi yang Anda butuhkan tanpa meninggalkan layar.

Advertisement

Bayangkan, sesuatu yang menarik perhatian Anda, misalnya kacamata anjing yang menggemaskan. Rasanya mengganggu harus berhenti dari apa yang sedang Anda lakukan hanya untuk mencari informasi dengan aplikasi atau browser lain. Tapi sekarang, saat Anda sedang berkirim pesan, menjelajahi media sosial, atau menonton video, Anda bisa melakukan pencarian langsung pada layar Anda begitu rasa ingin tahu Anda muncul. Dan seperti yang kami bagikan, iklan Pencarian dan Belanja akan tetap muncul di slot iklan khusus sepanjang halaman hasil pencarian.

Circle to Search akan diluncurkan secara global pada beberapa ponsel Android premium tertentu pada 31 Januari, dimulai dengan Pixel 8, Pixel 8 Pro, dan seri terbaru Samsung Galaxy S24.

Arahkan kamera Anda, tanyakan pertanyaan, dapatkan bantuan dari AI Pada tahun 2022, kami menciptakan multisearch di Lens sebagai cara baru untuk mencari secara multimodal, dengan menggunakan gambar dan teks. Sejak diluncurkan, multisearch sangat berguna untuk menyempurnakan kueri visual, seperti mencari foto sepatu merah dengan Lens dan menambahkan kata “biru” untuk menemukannya dalam warna yang diinginkan. Tapi sekarang, berkat kemajuan terbaru dalam AI generatif kami, multisearch membuat eksplorasi dunia lebih mudah dari sebelumnya.

Mulai hari ini, saat Anda mengarahkan kamera (atau mengunggah foto atau tangkapan layar) dan mengajukan pertanyaan menggunakan aplikasi Google, pengalaman multisearch baru akan menampilkan hasil dengan wawasan yang didukung oleh AI yang melampaui sekadar pencocokan visual. Ini memberi Anda kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang lebih kompleks atau rinci tentang apa yang Anda lihat, dan dengan cepat menemukan serta memahami informasi kunci.

Advertisement

Misalnya, bayangkan Anda berada di pasar loak dan menemukan permainan papan yang tidak dikenali. Tidak ada kotak atau petunjuk, sehingga langsung muncul pertanyaan-pertanyaan: Apa nama permainan ini dan bagaimana cara memainkannya? Nah, itulah saat pengalaman multisearch baru bisa membantu.

Ambil gambar permainan, tambahkan pertanyaan Anda (“Bagaimana cara memainkan ini?”), dan Anda akan mendapatkan tinjauan yang didukung oleh AI yang mengumpulkan informasi paling relevan dari seluruh web. Dengan cara ini, Anda bisa dengan cepat mengetahui nama permainan dan cara memenangkannya. Dan dengan tinjauan yang didukung oleh AI, Anda bisa menjelajah lebih dalam dengan tautan dukungan dan mendapatkan semua detailnya.

Tinjauan yang didukung oleh AI pada hasil multisearch diluncurkan minggu ini dalam bahasa Inggris di Amerika Serikat untuk semua orang — tanpa perlu mendaftar di Search Labs. Untuk memulai, cari ikon kamera Lens di aplikasi Google untuk Android atau iOS. Jika Anda berada di luar Amerika Serikat dan memilih untuk masuk ke dalam Pengalaman Generatif Pencarian (SGE), Anda bisa mencoba pratinjau pengalaman baru ini di aplikasi Google. Anda juga akan bisa mengakses tinjauan yang didukung oleh AI pada hasil multisearch dalam Circle to Search.

Terus berani bereksperimen dengan AI generatif dalam Pencarian Peluncuran wawasan yang didukung oleh AI untuk multisearch minggu ini adalah hasil dari pengujian yang kami mulai tahun lalu untuk melihat bagaimana gen AI bisa membuat Pencarian menjadi lebih membantu secara radikal, melalui SGE di Search Labs. Kami telah mendapatkan banyak umpan balik yang berharga dari mereka yang memilih untuk bergabung dalam eksperimen ini, dan kami akan terus menyediakan SGE di Labs sebagai tempat uji coba untuk ide-ide baru yang berani.

Namun, tujuan kami adalah membuat AI bermanfaat bagi semua orang, bukan hanya bagi pengguna awal. Jadi, ke depannya, kami akan terus bereksperimen dan memperkenalkan aplikasi gen AI yang paling membantu ke dalam Pencarian secara lebih luas, seperti yang sedang kami lakukan sekarang dengan hasil multisearch.

Pembaruan hari ini akan membuat Pencarian lebih alami dan intuitif, tetapi kami baru saja menyentuh permukaan dari apa yang mungkin. Untuk mencoba kemampuan terbaru yang kami uji, daftar di Search Labs (jika tersedia) dan bergabung dalam eksperimen SGE. Kami harap Anda akan ikut serta dalam Labs saat kami terus membayangkan masa depan Pencarian. (red)

Advertisement

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button