Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
LifestyleTravel

Menikmati Keindahan Tersembunyi Air Terjun Masongsor di Minahasa

Advertisement

Minahasa selalu menyuguhkan panorama alam yang memukau, salah satunya adalah Air Terjun Masongsor. Terkenal sebagai permata tersembunyi, air terjun ini menawarkan keindahan yang luar biasa meskipun lokasinya cukup sulit dijangkau. Tidak heran jika banyak pengunjung datang secara berkelompok untuk menjelajahi keindahannya dengan lebih aman.

Keindahan dan Mitos Air Terjun

Air Terjun Masongsor bukanlah air terjun biasa. Terdapat mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat bahwa air terjun ini memiliki kekuatan murni yang dapat mengawetkan siapapun yang mandi dan mencicipi airnya. Terlepas dari kepercayaan tersebut, keindahan air terjun ini patut diapresiasi.

Advertisement

Dengan ketinggian sekitar 150 meter, air terjun ini menawarkan pemandangan spektakuler. Airnya mengalir bebas dari tebing tinggi dan membasahi tanaman hijau di sekitarnya, menciptakan suasana yang sangat alami dan asri. Hijaunya pepohonan dan tanaman yang tumbuh subur di sekitar air terjun menambah daya tarik tersendiri.

Suasana yang Menenangkan

Siapa yang tidak suka mendengar suara air mengalir? Suara derasnya air terjun memberikan efek relaksasi yang menenangkan pikiran. Banyak pengunjung yang menikmati duduk di sekitar air terjun hanya untuk mendengarkan suara air yang jatuh, membantu melepas penat setelah aktivitas sehari-hari.

Advertisement

Udara segar yang dihasilkan oleh banyaknya pepohonan di sekitar air terjun juga memberikan sensasi menyegarkan. Suasana alami dan asri ini sangat membantu menenangkan hati dan pikiran, membuat pengunjung merasa lebih rileks dan siap menghadapi tantangan kehidupan selanjutnya.

Air yang Jernih dan Segar

Air Terjun Masongsor memiliki air yang sangat jernih dan segar. Begitu tiba di lokasi, Anda akan kagum dengan kejernihan air yang membuat bebatuan di bawahnya terlihat jelas. Air ini aman untuk diminum dan digunakan untuk mandi, menambah kesan alami dari tempat ini.

Rute Perjalanan dan Persiapan

Air Terjun Masongsor terletak di Desa Walea Dua, Kecamatan Kema, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 9 km melalui lintasan alam perkebunan. Perjalanan ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor offroad atau trail, yang tentunya membutuhkan kesabaran dan energi ekstra.

Selama perjalanan, Anda akan disambut oleh pemandangan hijau yang asri. Namun, berhati-hatilah agar tidak terjatuh atau terpeleset. Meskipun perjalanan cukup menantang, semua rasa lelah akan terbayar begitu tiba di lokasi air terjun.

Advertisement

Aktivitas Seru di Air Terjun Masongsor

Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas di sekitar air terjun. Bermain air di kolam yang jernih, piknik di tepi air terjun, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan alam. Bagi yang suka fotografi, tempat ini menawarkan banyak spot menarik dengan latar belakang air terjun yang megah.

Tips Berkunjung

  1. Bawa Bekal Sendiri: Karena fasilitas di sekitar air terjun masih terbatas, bawalah makanan dan minuman dari rumah.
  2. Perlengkapan Pribadi: Bawa perlengkapan pribadi seperti pakaian ganti dan peralatan memasak jika berencana memasak di lokasi.
  3. Sampah: Jangan tinggalkan sampah, jaga kebersihan dan keasrian lingkungan air terjun.
  4. Keamanan: Disarankan untuk mengunjungi air terjun bersama rombongan untuk keamanan dan kenyamanan.

Kesimpulan

Air Terjun Masongsor adalah destinasi yang sempurna bagi pecinta alam dan petualang. Meskipun akses menuju lokasi cukup menantang, keindahan dan ketenangan yang ditawarkan air terjun ini sepadan dengan usaha yang diperlukan untuk mencapainya. Pastikan tempat ini masuk dalam daftar tujuan jelajah alam Anda untuk menikmati keindahan alam Minahasa yang masih alami dan belum tersentuh.

Dengan persiapan yang tepat dan semangat petualang, liburan Anda di Air Terjun Masongsor akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Advertisement

Fifi Farla

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button