Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Techno

OpenAI’s Aplikasi ChatGPT Melejit dengan Lebih dari 500.000 Unduhan dalam 6 Hari Saja

Advertisement

Waktu.news | Meskipun hanya tersedia di Amerika Serikat dan iOS sebelum ekspansi hari ini ke 11 pasar global lainnya, aplikasi ChatGPT dari OpenAI telah memulai debutnya dengan sangat baik. Menurut analisis baru oleh penyedia intelijen aplikasi data.ai, aplikasi tersebut telah melewati setengah juta unduhan dalam enam hari pertama sejak diluncurkan. Hal ini menjadikannya salah satu perilisan aplikasi baru yang paling sukses sepanjang tahun ini dan tahun sebelumnya, hanya kalah dari kedatangan klon Twitter yang didukung oleh Trump, Truth Social, pada Februari 2022.

Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen terhadap chatbot AI, aplikasi pihak ketiga dengan nama “ChatGPT” atau “AI chatbot” telah memenuhi App Store. Meskipun banyak di antaranya sebenarnya adalah aplikasi penipuan, mencoba memperdaya konsumen untuk membayar langganan mahal guna mengakses kecerdasan buatan mereka, sekelompok aplikasi teratas masih mampu menghasilkan jutaan pengeluaran konsumen. Lanskap persaingan ini di antara aplikasi chatbot AI dapat menciptakan pasar yang lebih sulit bagi aplikasi ChatGPT resmi untuk mendapatkan perhatian. Namun, ternyata hal itu tidak terjadi.

Advertisement

Aplikasi ChatGPT dari OpenAI berhasil mengungguli sebagian besar pesaingnya, termasuk aplikasi AI dan chatbot populer lainnya, serta aplikasi Bing dan Edge dari Microsoft, yang menawarkan integrasi pihak ketiga yang signifikan pertama kali menggunakan teknologi GPT-4 dari OpenAI.

Meskipun Bing dan Microsoft Edge tentu mendapat manfaat dari minat terhadap ChatGPT pada saat peluncurannya, masing-masing berhasil mencapai 340.000 dan 335.000 unduhan di iOS dan Android dalam periode lima hari terbaik mereka pada bulan Februari. Namun, aplikasi ChatGPT dari OpenAI dengan mudah mengalahkan keduanya, dengan mencatatkan 480.000 unduhan dalam lima hari pertama peluncuran di Amerika Serikat, ketika aplikasi tersebut hanya tersedia di iOS.

Advertisement

Bila dibandingkan dengan unduhan hanya dari iOS Bing dan Edge, ChatGPT masih jauh unggul dengan 480.000 unduhan dibandingkan dengan 250.000 unduhan Bing dan 195.000 unduhan Edge.

Namun, Bing dan Edge masih unggul dibandingkan dengan ChatGPT ketika melihat semua unduhan di Amerika Serikat pada bulan Mei di kedua toko aplikasi. Namun, jika hanya membandingkan unduhan iOS dalam sebulan, ChatGPT dapat melampaui kedua alternatif berbasis pencarian ini.

Analisis dari data.ai juga menemukan bahwa aplikasi ini berhasil mengungguli aplikasi chatbot AI teratas lainnya di Amerika Serikat, banyak di antaranya menggunakan nama generik untuk memanfaatkan pencarian konsumen dengan kata kunci “AI” dan “chatbot” di App Store. Di sini, ChatGPT dari OpenAI berada di lima besar berdasarkan unduhan, ketika dibandingkan dengan periode lima hari terbaik aplikasi lain pada tahun 2023 di App Store dan Google Play.

Hanya ada satu aplikasi yang berhasil mengalahkannya, yaitu “Chat with Ask AI,” yang mencatatkan 590.000 unduhan dari 4 hingga 8 April 2023, dibandingkan dengan 480.000 unduhan ChatGPT dari 18 hingga 22 Mei. Hal ini terlihat dari data yang ada.

Advertisement

Meskipun baru tersedia selama seminggu, ChatGPT sudah masuk dalam lima besar aplikasi chatbot AI berdasarkan unduhan di Amerika Serikat pada Mei 2023. Saat data.ai melakukan analisis, ChatGPT dan aplikasi chatbot teratas lainnya dibandingkan untuk bulan Mei (hingga 23 Mei), sehingga, secara teknis, kurang dari seminggu sejak peluncuran ChatGPT.

Pada saat itu, aplikasi ini telah mencatatkan 550.000 unduhan, sejajar dengan Genie – AI Chatbot, aplikasi chatbot AI terdekat berikutnya berdasarkan unduhan Mei di App Store Amerika Serikat. Beberapa aplikasi lainnya masih berada di posisi yang lebih baik, termasuk ChatOn – AI Chat Bot Assistant (610.000 unduhan), AI Chatbot – Nova (680.000 unduhan), dan Chat with Ask AI (1,4 juta unduhan). Namun, mengingat betapa cepatnya ChatGPT dapat mencapai lebih dari setengah juta unduhan, kemungkinan besar aplikasi ini akan segera mengalahkan pesaing-pesaingnya.

Selain itu, ChatGPT telah mencatat salah satu peluncuran aplikasi terbaik tahun ini dan tahun 2022 menurut data.ai.

Dalam lima hari pertama unduhan iOS di Amerika Serikat setelah peluncuran, ChatGPT berhasil mencatatkan 480.000 unduhan, yang menempatkannya sebagai peluncuran aplikasi terbesar kedua, setelah Truth Social yang mencatatkan 630.000 unduhan. Peluncuran terbesar berikutnya (yaitu lima hari pertama setelah peluncuran) termasuk kedatangan Widgetable: Lock Screen Widget pada Maret 2023 (360.000 unduhan), serta peluncuran MyNBA2K23 (310.000 unduhan) dan sendit – Q&A on Instagram (260.000 unduhan) pada 2022.

Hal ini juga membuat ChatGPT berada di atas persentil ke-99,99 untuk peluncuran aplikasi baru di Amerika Serikat sejak 2022 di iOS.

Aplikasi ChatGPT

Data.ai mencatat bahwa hanya 1% aplikasi teratas yang berhasil mencatatkan lebih dari 10.600 unduhan di Amerika Serikat dalam lima hari pertama, dan 0,1% teratas memiliki lebih dari 45.000 unduhan. Analisis ini melibatkan data dari sekitar 39.000 aplikasi yang diluncurkan di Amerika Serikat di iOS sejak awal 2022 dan kemudian masuk dalam peringkat teratas dalam periode tersebut. (Data tidak termasuk aplikasi bawaan Apple, seperti Apple Music Classical).

Advertisement

Tentu saja, unduhan hanyalah salah satu cara untuk mengukur permintaan konsumen dan tidak sebanding dengan menganalisis berapa banyak orang yang kemudian mendaftar dan menjadi pengguna aktif aplikasi.

Namun, karena ChatGPT masih sangat baru, data.ai belum memiliki perkiraan yang akurat tentang pengguna aktif harian atau bulanan, demikian kata mereka. Hal ini mungkin memerlukan beberapa minggu lagi untuk dikumpulkan. (red)

Aplikasi Resmi ChatGPT Kini Tersedia di 11 Negara

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button