Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Politik

Oskar-Argo Siapkan 15 Program Jitu Untuk Boltim Bangkit, Apa Saja?

Advertisement

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur nomor urut 1, Oskar Manoppo dan Argo Vinsensius Sumaiku (Oskar-Argo) rupanya tidak main-main soal gagasan dalam membangun daerah.

Pasangan yang mengusung semangat Boltim Bangkit ini ternyata sudah memiliki sederet program prioritas yang siap diimplementasikan jika terpilih di Pilkada 2024, november nanti.

Advertisement

Program-program itu sepertinya dirancang khusus untuk menyentuh berbagai aspek penting kehidupan masyarakat, mulai dari pendidikan hingga pariwisata. Yuk, kita bahas satu per satu!

Berikut 15 program prioritas yang kami rangkum dan jabarkan dari visi misi Oskar-Argo:

1. Bidang Pendidikan

Oskar dan Argo punya komitmen besar di soal pendidikan. Mereka akan memberikan beasiswa bagi warga kurang mampu dan siswa berprestasi, serta dokter spesialis. Program Wajib Belajar 12 Tahun juga akan dimantapkan, diiringi dengan peningkatan kualitas pendidikan, termasuk kesejahteraan tenaga pendidik. Mereka ingin memastikan tidak ada lagi anak yang putus sekolah.

Advertisement

2. Bidang Kesehatan

Oskar-Argo akan memudahkan akses kesehatan dengan menggratiskan layanan BPJS Kesehatan melalui JAMKESDA, serta menghadirkan layanan gratis di rumah sakit dan puskesmas. Mereka juga menaruh perhatian besar pada masalah stunting, penyalahgunaan NAPZA, serta revitalisasi posyandu.

3. Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Program unggulan Oskar dan Argo di bidang ini mencakup peningkatan layanan untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak. Pasangan ini juga akan memperkuat layanan penanganan KDRT dan trafficking, dengan kebijakan yang berorientasi pada kesetaraan gender.

4. Bidang Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan

Oskar dan Argo akan memanfaatkan lahan-lahan HGU untuk meningkatkan produktivitas pangan. Para petani dan peternak akan mendapat bantuan berupa alat-alat pertanian modern, pupuk bersubsidi, benih berkualitas, dan pakan. Pasangan ini juga akan membuka akses pasar antar daerah untuk hasil pertanian, bekerja sama dengan BUMDES dan BUMD agar hasil pertanian lebih mudah dijual.

5. Bidang Kelautan dan Perikanan

Dukungan penuh juga akan diberikan kepada nelayan melalui bantuan alat tangkap serta fasilitas penunjang lainnya, demi meningkatkan hasil tangkapan laut dan kesejahteraan nelayan.

Advertisement

6. Bidang Koperasi dan UMKM

Oskar dan Argo juga akan menyiapkan bantuan khusus untuk usaha kelompok masyarakat dan pengembangan UMKM. Mereka yakin bahwa UMKM adalah tulang punggung ekonomi daerah yang harus didorong lebih maju.

7. Bidang Infrastruktur

Pasangan ini akan fokus pada perbaikan dan pemerataan fasilitas pendidikan dan kesehatan, serta membuka akses jalan ke area pertanian. Selain itu, mereka juga berencana memanfaatkan Pasar Desa sebagai pusat ekonomi yang lebih hidup.

8. Bidang Sosial dan Agama

Oskar dan Argo akan memberikan jaminan hari tua untuk lansia, santunan duka, serta bantuan sosial bagi penyandang disabilitas dan pekerja migran yang mengalami kekerasan. Langkah ini dianggap adalah upaya nyata untuk memperkuat kesejahteraan sosial di Bolaang Mongondow Timur.

9. Bidang Ketenagakerjaan

Pasangan ini berkomitmen untuk meningkatkan kesempatan kerja baik di dalam maupun luar negeri, sekaligus menciptakan hubungan kerja yang sehat dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan di masyarakat.

10. Bidang Pemerintahan dan Birokrasi

Oskar-Argo akan menyempurnakan pelayanan satu pintu melalui aplikasi OSS dan memperbaiki pengadaan barang/jasa dengan sistem e-Procurenment. Mereka juga mengusung zero korupsi dan standarisasi pelayanan berbasis SNI di seluruh OPD. Tak cuma itu, ada sertifikasi tanah warga secara gratis.

11. Bidang Pengelolaan Aset

Pemanfaatan aset pemerintah yang terbengkalai akan dioptimalkan, sementara BUMD akan dioperasionalkan dengan prinsip tata kelola yang baik untuk mendukung perekonomian daerah.

12. Perumahan Rakyat

Oskar dan Argo ingin memastikan setiap warga memiliki rumah layak huni melalui program pembangunan Rumah Tinggal Layak Huni (RUTILAHU) dan rehabilitasi rumah yang tidak layak huni.

Advertisement

13. Pemuda, Olahraga, Kesenian, dan Budaya

Dukungan besar akan diberikan untuk kelompok olahraga dan kesenian, dengan menghadirkan pelatih profesional serta fasilitas yang memadai. Mereka juga akan menggali dan melestarikan budaya daerah melalui pentas seni dan budaya.

14. Pertambangan

Oskar-Argo siap memfasilitasi penyediaan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) untuk mendukung ekonomi lokal dengan tetap menjaga lingkungan.

15. Pariwisata

Untuk sektor pariwisata, pasangan ini akan menyiapkan sarana pengembangan wisata, membuat regulasi pendukung, memberikan kemudahan izin investasi, serta menggali potensi wisata desa.

Itulah 15 program prioritas Oskar Manoppo dan Argo Vensensius Sumaiku yang akan diwujudkan untuk membuat Bolaang Mongondow Timur sejahtera dan berkelanjutan ketika mereka terpilih nanti. (aah)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button