Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Politik

Oskar Manoppo dan Argo Vinsensius Sumaiku Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RS Prof Kandou

Advertisement

Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur, Oskar Manoppo dan Argo Vinsensius Sumaiku, menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Prof. Kandou, Malalayang, Sulawesi Utara, Jumat (30/8/2024).

Pemeriksaan ini merupakan salah satu tahapan wajib bagi setiap calon kepala daerah yang akan maju dalam Pilkada serentak 2024.

Advertisement

Oskar Manoppo dan Argo Vinsensius Sumaiku di rumah sakit tersebut terlihat sejak pukul 07.00 WITA. Keduanya kompak mengenakan kemeja putih bermotif kotak-kotak dan garis-garis hitam.

Dalam foto yang diterima media ini, Oskar Manoppo dan Argo Vinsensius Sumaiku terlihat bersama dengan bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Elly Engelbert Lasut dan Hanny Joost Pajouw, yang juga mengikuti pemeriksaan kesehatan. Mereka tampak semangat di sela-sela pemeriksaan tersebut.

Advertisement

Sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan, bakal pasangan calon Oskar Manoppo dan Argo Vinsensius Sumaiku terlebih dahulu mengikuti sosialisasi terkait prosedur pemeriksaan kesehatan yang dipaparkan oleh tim medis dari Rumah Sakit Prof. Kandou.

Selain Oskar Manoppo dan Argo Vinsensius Sumaiku, sejumlah calon kepala daerah lainnya, baik tingkat gubernur/wakil gubernur maupun bupati/wakil bupati dari berbagai kabupaten/kota se Sulut, pun turut mengikuti tahapan pemeriksaan ini.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Bolaang Mongondow Timur, Ikal Salehe, menjelaskan bahwa para bakal pasangan calon saat ini tengah menjalani pemeriksaan kesehatan.

“Hari ini, para bakal calon sudah memulai pemeriksaan kesehatan, dimulai dengan sosialisasi pagi tadi. Namun, secara detail kami tidak mengetahui, karena teknisnya berada di pihak rumah sakit,” kata Ikal.

Advertisement

Ikal menambahkan bahwa KPU tidak terlibat langsung dalam proses pemeriksaan tersebut. Pihaknya hanya menunggu hasil pemeriksaan yang akan disampaikan oleh rumah sakit dan pasangan bakal calon.

“Kehadiran kami di sini hanya untuk memastikan bahwa para bakal calon hadir sesuai undangan yang kami sampaikan saat pendaftaran. Prinsipnya, kami menunggu hasil konfirmasi baik dari pihak rumah sakit maupun dari para bakal calon, dalam bentuk berita acara hasil pemeriksaan,” tambahnya.

Sebagai informasi, berdasarkan ketentuan yang ada, pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk menilai status kesehatan calon kepala daerah serta mengidentifikasi kemungkinan adanya ketidakmampuan secara jasmani dan rohani yang dapat mengganggu kemampuan dalam menjalankan tugas dan kewajiban mereka.

Selain pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani, tim juga melakukan pemeriksaan terkait penyalahgunaan narkotika. Penilaian kesehatan jasmani, rohani, dan penyalahgunaan narkotika ini dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip pemeriksaan kesehatan yang memenuhi standar objektif dan ilmiah, berdasarkan ilmu kedokteran yang berbasis bukti.

Pemeriksaan secara umum meliputi anamnesis dan analisis riwayat kesehatan, kesehatan jiwa (rohani), kesehatan fisik (jasmani), serta pemeriksaan penunjang wajib dan pemeriksaan penunjang lainnya yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan berdasarkan pertimbangan dokter. (aah)

Advertisement

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button