Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
BolmutDaerah

Pelayanan Buruk dan Konspirasi Pupuk: Petani Bolangitang Timur Mengeluh

Advertisement

Boroko, (24/06/2024) Waktu.news | Bolangitang Timur, sebuah wilayah yang terkenal dengan pertanian suburnya, kini tengah dilanda keresahan. Para petani di daerah ini mengeluhkan tindakan tidak adil dari suplier pupuk, Pandang Buluh, yang tampaknya lebih mementingkan keuntungan daripada kesejahteraan petani dan bahkan pupuknya mengandung batu.

Setiap hari, petani di Kecamatan Bolangitang Timur harus menghadapi antrian panjang dan pelayanan yang buruk dari suplier pupuk. Banyak di antara mereka yang sudah membayar terlebih dahulu, namun saat pupuk tiba, mereka tidak dilayani sebagaimana mestinya. Ini terjadi karena suplier hanya mengejar keuntungan tanpa memikirkan kepentingan petani,” ungkap salah satu petani, Hasan Uadi.

Advertisement

Yang lebih mengkhawatirkan, ada dugaan konspirasi penjualan pupuk. Pupuk yang tidak diambil oleh sebagian anggota kelompok tani sengaja dibeli kembali oleh suplier untuk dijual dengan harga yang lebih tinggi. Praktik ini jelas merugikan petani yang seharusnya mendapat pupuk dengan harga yang wajar,’ bebernya.

Sementara itu, Fikri Gam sebagai pemerhati pertanian di Bolangitang Timur, saya mengecam tindakan tidak bermoral ini dan meminta Dinas Pertanian segera turun tangan. Mereka harus melakukan pengawasan ketat serta evaluasi terhadap suplier dan mafia pupuk di wilayah ini.

Advertisement

Jika masalah ini tidak segera diatasi, jangan salahkan petani jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Petani Bolangitang Timur hanya ingin mendapatkan hak mereka untuk mendapatkan pupuk dengan pelayanan yang baik dan harga yang adil. Harapan besar disematkan kepada pemerintah untuk segera menindak tegas pelanggaran ini demi kesejahteraan petani dan kelangsungan pertanian di Bolangitang Timur,’ tegasnya.

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button