Berita Bolmut

Pembagian “Kue” APBD Bolmut 2022 Sesuai Kebutuhan Atau Keinginan Pengambil Kebijakan?

Waktu.news | Terkait desas desus soal pembagian porsi “kue” APBD 2022 di enam kecamatan yang ada di Bolmong Utara dinilai masih belum merata dan terus menjadi pertanyaan.

Bagaimana tidak, Porsi anggaran dalam pembagian wilayah justru lebih condong ke arah sangkub dan bintauna, minim ke wilayah bolangitang barat dan kaidipang. Nada-nada protes ini mengemuka dalam diskusi-diskusi lesehan warung kopi.

Informasi yang berhasil dihimpun media, ada program seperti Musrenbang Kecamatan, Trantib, Pemberdayaan Masyarakat Desa tidak dianggarkan Padahal ini program yang terkait dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) Kecamatan.

Dalam Rencana Kerja (Renja) kecamatan sudah diusulkan tapi tidak juga dianggarkan. Dan Kondisi ini menunjukkan bahwa TAPD tidak menggunakan renja kecamatan sebagai dasar perencanaan,” ungkap sumber waktu.news yang enggan dipublish.

Sumber lain juga menuturkan, memang secara aturan tidak ada yang mengatur secara khusus, hanya saja pembagian anggaran harus berdasarkan dari kebutuhan OPD, bukan keinginan para pengambil kebijakan. kalau melihat pembagian didaerah kita, itu bukan sesuai kebutuhan tapi keinginan.

“No bagimana mo tercapai itu RPJMD ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) kalu sesuai dengan keinginan,”kuncinya.

Sementara itu, Kepala Bapelitbang, Abdul Nazarudin Maloho ketika diwawancarai media mengatakan, adil itu bukan berarti sama. kalau wilayah A dan wilayah B selisi, itu karena ada pembangunan fisik, disitulah letak perbedaanya.

Yang membuat kecamatan bintauna itu besar karena ada kelurahan dan pembangunan fisik juga. Adil itu ada adil distribut dan adil kontribut,”kunci Maloho.

Untuk diketahui, pembagian pagu anggaran 2022 per kecamatan; Kecamatan Sangkub Rp.2.479.374.370, Bintauna Rp. 3.737.822.196, Bolangitang Timur Rp. 2.043.834.438, Bolangitang Barat Rp.1.427.728.415, Kaidipang Rp.1.607.429.652 dan kecamatan Pinogaluman Rp.1.954.514.979. (rhp)

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button