Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
DaerahGorontalo

Peningkatan Kapasitas: KPU Gorontalo Siap Gunakan E-Coklit untuk Pilkada 2024

Advertisement

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo turut serta dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data Pemilih dan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) serta E-Coklit. Acara yang diadakan di Jakarta pada Senin, 3 Juni 2024, ini dibuka oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asyari, dan dihadiri oleh peserta dari seluruh Indonesia. Perwakilan KPU Provinsi Gorontalo terdiri dari Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Sophian Rahmola, Kepala Bagian Perencanaan, Data, dan Informasi, Fadli H. Alamri, serta Operator SIDALIH, Rizky Fahrozi.

Bimtek ini merupakan bagian dari persiapan untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024. Dalam arahannya, Ketua KPU RI Hasyim Asyari menekankan beberapa poin penting, antara lain:

Advertisement
  1. Pemutakhiran Pemilih (Mutarlih) dalam pemilu harus menjadi refleksi untuk perbaikan dalam Mutarlih Pilkada 2024.
  2. Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 tidak ada koreksi perbaikan.
  3. KPU Kabupaten/Kota yang mengelola Mutarlih wajib memegang teguh prinsip Mutarlih, yakni komprehensif, akurat, dan mutakhir.

Melalui bimtek ini, diharapkan kapasitas dan kapabilitas para peserta dalam memanfaatkan aplikasi SIDALIH dan E-Coklit meningkat, sehingga data pemilih yang valid dan terpercaya dapat diperoleh. Dengan demikian, proses pemutakhiran data pemilih dapat dilakukan secara efektif dan efisien, mendukung kelancaran dan keberhasilan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024.

Advertisement

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button