Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Politik

Perjuangan PAN Sulut Bakal Berbuah Manis, Kunci Jatah Kursi Kelima DPR RI

Advertisement

Perjuangan Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Utara (Sulut) sepertinya akan berbuah manis. PAN Sulut kabarnya telah menggenggam satu dari enam jatah kursi DPR RI pada Pemilu Legislatif 2024.

Hal ini tentu menjadi pencapaian luar biasa bagi PAN Sulut, mengingat di dua kali Pemilu, partai berlambang matahari putih tersebut tidak pernah mendapatkan jatah kursi DPR RI.

Advertisement

Berdasarkan informasi yang diterima waktu.news, PAN bahkan optimis akan mengunci jatah kursi DPR RI Dapil Sulut di posisi kelima.

“Bila mengacu pada data rekapitulasi suara yang dilakukan tim pemenangan pemilu, PAN siap mengunci jatah kursi DPR RI Sulut di posisi kelima,” ujar Sekretaris Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN Sulut, Fuad Landjar, belum lama ini.

Advertisement

Fuad menyebutkan, demi mengamankan kursi tersebut, DPW PAN Sulut pun telah menyebarkan kader-kader partai disemua tingkatan di 15 kabupaten dan kota guna pengumpulan data C hasil salinan (C1) perihutungan suara di TPS.

“Mengacu pada data C1, jumlah suara PAN angkanya berada di posisi kelima. Tapi ini belum dapat dibocorkan ke publik karena masih sebatas konsumsi internal,” sebutnya.

Ketua DPRD Bolaang Mongondow Timur (Boltim) ini juga mengatakan, hingga kini pihaknya tengah melakukan pencocokan perolehan suara partai yang telah mereka kantongi dengan data milik KPU.

“Pengumpulan C1 hampir rampung, yang nanti kami sesuaikan dengan data KPU Sulut. Karena ini akan dipaparkan dalam pleno KPU Sulut,” kata Fuad.

Advertisement

Fuad juga masih enggan membeberkan siapa siapa kader PAN yang nantinya melenggang ke senayan.

“Nantilah dulu. Kami masih rampungkan data di internal partai. Soal siapa pemilik kursi DPR RI dari PAN, itu wewenang DPP PAN,” sentilnya.

Kendati begitu, Fuad menambahkan, cita-cita PAN sendiri berdasarkan instruksi Zulkifli Hasan, yakni mengembalikan kursi DPR RI pada pemilu-pemilu sebelumnya.

“Selaku kader partai, instruksi ketua umum yang memenangkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden, dan ini terwujud. Tinggal, target kursi kelima DPR RI yang sebentar lagi kami realisasikan,” tandasnya.

Sementara itu, berdasarkan hasil penghitungan KPU sendiri, jumlah perolehan suara PAN Sulut saat ini berkisar 35.016 suara. Peraut suara terbanyak masih dipimpin oleh Sehan Salim Landjar dengan perolehan suara sebanyak 20.883. Posisi berikutnya, disusul Ayub Ali di angka 9.842 suara. **

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button