Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
HealthLifestyle

Platform Konektivitas Data Satu Sehat Resmi Diluncurkan Kemenkes RI

Advertisement

Waktu.news | Satu Sehat merupakan sebuah platform konektivitas data, analisis, dan layanan untuk mendukung integritas antar aplikasi dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

Melalui satu sehat, pasien juga bisa mendapatkan informasi mengenai kondisi kesehatannya secara lebih transparan. karena resume rekam medis di rumah sakit dicatat dan direkam secara digital dengan aman melalui persetujuan pemilik data.

Advertisement

Chief of digital transformation office kemenkes RI, Setiaji menerangkan bahwa platform integritas ini melalui proses yang panjang. perencanaan, jajak pendapat dari para ahli hingga uji coba fase alpha dan beta dengan beberapa institusi.

“Platform ini telah diuji coba kepada 41 rumah sakit vertikal milik pemerintah pada tahap alpha testing dan sedang berlangsung uji coba fase beta yang melibatkan 31 institusi dari latar belakang yang berbeda-beda,” jelasnya.

Advertisement

Pada acara tersebut ditunjukan secara langsung (live demo) gambaran sebagaimana proses pertukaran data pasien melalui integritas SATU SEHAT dengan sistem informasi manajemen (SIM) yang dimiliki rumah sakit maupun laboratorium dengan aplikasi peduli lindungi.

“Saat ini sudah ada 16 fasyankes yang telah terintegrasi dengan SATU SEHAT.

diantaranya merupakan peserta dari fase alpha testing, yaitu 10 rumah sakit umum daerah (RSUD) di DKI jakarta dan 4 rumah sakit vertikal milik kemenkes RI”.

Harapannya hingga akhir tahun 2022 ini, terdapat 8.000 fasyankes yang terintegrasi dengan SATU SEHAT dan target seluruh fasyankes terintegrasi di tahun 2023 mendatang,” tutup setiaji. (rhp)

Advertisement

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button