Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
LifestyleTravel

Pulau Runduma Negeri Tara Turu Toro Wakatobi, Habitatnya Penyu dan Wisata Bawa Laut

Advertisement

Daerah dengan simbol “’Ara No Poassa Nahada Bisa Te Wungka No Dete”, memiliki banyak destinasi wisata yang populer, salah satunya adalah pulau runduma. Secara geografis pulau erunduma (nama desa) berada di Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara dan berada di titik koordinat 338505735650114, 124.34487238432564.

Pulau ini memiliki luas wilayah 5,1 Km terpisah dari pulau Tomia sebagai pusat pemerintahan di kecamatan.

Advertisement

Tentang Pulau Runduma Andalan Wakatobi

Sebuah pulau kecil yang terletak di lepas pantai Sulawesi, Indonesia. Pulau ini adalah rumah bagi ratus orang dan tempat berbagai satwa liar, seperti monyet, burung, dan reptil. Pulau ini juga merupakan tujuan populer bagi penyelam scuba yang datang untuk menjelajahi terumbu karang di pulau itu.

Obyek Wisata andalan wakatobi ini terkenal dengan pantainya yang indah dan airnya yang jernih. Pantainya sempurna untuk berenang, berjemur, dan snorkeling. Perairan yang jernih menawarkan visibilitas yang sangat baik untuk melihat ikan karang dan kehidupan laut lainnya. Ada juga beberapa jalur pendakian di pulau ini, yang memberikan pemandangan pantai dan pulau-pulau sekitarnya yang menakjubkan.

Advertisement

Tujuan yang tepat bagi mereka yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk kehidupan kota. Pulau ini menawarkan perpaduan unik antara keindahan alam dan pengalaman budaya. Pengunjung dapat menikmati ketenangan pantai, melakukan pendakian yang mengasyikkan, atau belajar tentang budaya lokal.

Pulau Runduma terkenal dengan satwa langka yang dilindungi, penyu. Ada dua jenis penyu yang hidup di pulau ini, penyu hijau (Honu) dan penyu sisik (Koila). Jika Anda beruntung, Anda mungkin dapat menemukan jenis penyu yang langka di pulau ini…

Pasirnya yang putih dan bersih konon merupakan surga bagi penyu untuk bertelur. Di pulau itu, penyu bebas kawin dan membentuk koloni tanpa campur tangan manusia. Namun ingat untuk menjaga lingkungan dan melestarikan habitat penyu ini Jika ingin melihat penyu bertelur, waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara bulan Mei dan September. Selama periode ini, ratusan penyu datang ke pulau itu untuk bertelur.

Hobi Travel Kuliner? 9 Makanan Lezat Khas Wakatobi Ini Wajib Kamu Coba

Advertisement

Pulau Runduma

Habitatnya Para Penyu

Di pulau ini, penduduk Runduma membiarkan penyu bertelur. Untuk memantau populasi penyu, petugas dari Taman Nasional Wakatobi mengunjungi pulau itu setiap bulan. Tujuan mereka adalah melihat dan menghitung jumlah penyu di sekitar pulau.

Pulau Runduma

Penghuni Pulau Runduma

Penduduk Pulau Runduma yang berjumlah kurang lebih dari 140 orang ini menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan dan Penduduknya hidup berdampingan dengan penyu.

Mereka membiarkan dan tidak pula mengusik penyu-penyu yang datang untuk bertelur. dan Selain penyu, mereka juga sangat menjaga kelestarian ekosistem laut.

Kendatipun begitu, Penduduk Pulau Runduma hidup sederhana dan mereka tidak tertarik untuk pergi dan tinggal di dunia luar karena Mereka lebih suka hidup sederhana dan damai dengan lingkungan sekitar.

Pulau Bongkil Bolmut, Tosca Airnya, Tembus Pandang Karangnya

Advertisement

Rute Menuju Pulau

Jika Anda ingin mengunjungi Pulau ini, maka Anda harus menuju Bandara Matahora terlebih dahulu. Bandara Matahora adalah bandara yang berada di Pulau Wangi-wangi. Dari sana, perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Wakatobi. Untuk sampai ke pulau ini, Anda bisa menggunakan perahu atau speed boat.

Lokasi Pulau Runduma Klik Disini

Pulau Runduma

Fasilitas Terdekat

Artha Homestay

Mencari tempat menginap di Tomia Timur? Tidak terlihat lagi dari Artha Homestay! Dengan dua tipe kamar yang tersedia dengan harga terjangkau, Artha Homestay sangat cocok untuk wisatawan dengan anggaran terbatas. Kamar single bed hanya Rp 150.000 per malam, dan kamar twin bed Rp 200.000 per malam serta Fasilitasnya antara lain AC, TV LED, Wi-Fi, air mineral, shower, dan lainnya.

Mencari tempat menginap di Pulau Tomia di Wakatobi? Tidak terlihat lagi dari RedDoorz! Dengan kamar yang bersih dan nyaman mulai dari Rp 217.000, Anda sudah memiliki semua yang Anda butuhkan termasuk kamar mandi pribadi, AC, TV, dan banyak lagi. Plus, ada balkon dengan pemandangan perbukitan dan vegetasi yang rimbun di sekitarnya.

Daftar Hotel di Gorontalo Menarik dan Rekomended 

RedDoorz Tomia Island Wakatobi

Mencari tempat menginap di dekat Pantai Lakota? Tidak terlihat lagi dari RedDoorz! Akomodasi kami nyaman dan terjangkau, mulai dari Rp 222.000 per malam. Anda akan menikmati fasilitas seperti kamar yang nyaman, AC, air panas untuk mandi, TV, serta meja dan kursi. Plus, Anda akan menerima layanan hebat termasuk sarapan.

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button