Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Bisnis

Rupiah Digital Dalam Waktu Dekat Siap Diluncurkan Bank Indonesia

Advertisement

Waktu.news | Bank Indonesia dalam waktu dekat akan mengimplementasikan central bank digital currency atau rupiah digital. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyebut rupiah digital akan bisa digunakan untuk membeli barang di metafor selain kebutuhan sehari hari.

Bank Indonesia menerbitkan desain high level design pengembangan digital rupiah yang terangkum dalam wallpaper pada 30 November 2022. Penerbitan wallpaper ini merupakan langkah awal proyek Garuda yaitu proyek yang memayungi berbagai inisiatif eksplorasi atas berbagai pilihan desain arsitektur mata uang digital.

Advertisement

Proyek Garuda merupakan pemaparan awal bentuk komunikasi kepada publik terkait rencana pengembangan mata uang digital.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, pada prinsipnya digital rupiah sama dengan alat pembayaran yang lainnya. mata uang digital juga memuat fitur-fitur yang ada pada rupiah kertas seperti gambar pahlawan, kesenian dan kekayaan alam Indonesia dan sebagainya. Tapi dalam bentuk kode yang terenkripsi. Sedangkan rupiah pada umumnya berbentuk uang kertas atau uang logam.

Advertisement

Dalam penjelasannya, Perry Warjiyo menyebut ada 3 alasan di balik peluncuran digital currency . Pertama, Bank Indonesia merupakan satu satunya institusi menurut undang undang yang berhak menerbitkan mata uang.

Kedua Bank Indonesia ingin melayani masyarakat yang demografinya mulai berkembang. Tren pembayaran digital akan mendominasi seiring mayoritas penduduk merupakan generasi milenial.

Ketiga Bank Indonesia ingin memudahkan Indonesia dalam kerja sama internasional, khususnya penggunaan mata uang digital.

Kerja sama ini diyakini peri akan memperkuat inklusi keuangan terkait fungsi. Perry menyampaikan keunggulan rupiah digital akan digunakan untuk membeli para metafor selain untuk membeli kebutuhan sehari hari. (rhp)

Advertisement

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Kredit Perbankan Tumbuh 11 Persen

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button