Berita Boltim

Salah Satu Masjid di Boltim Terendam Banjir Rob

Tutuyan, WAKTU.news – Akibat banjir rob, salah satu masjid di wilayah pesisir Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terendam air laut.

Masjid ini berada dekat dikawasan Muara desa Iyok dan Loyow di kecamatan Nuangan.

Meskipun letaknya memang tak jau dari kawasan Muara. Namun, hal itu baru kali pertama, dimana air pasang masuk membanjiri seluruh halaman hingga ke bagian dalam masjid.

“Kemarin tidak bisa menunaikan ibadah shalat magrib, karena air sampai di dalam Masjid,” ujar seorang remaja, Suci Mokodompit.

Hal yang sama juga diungkapkan salah seorang warga, Ibrahim Assegaf. Ia mengaku kaget dengan kejadian tersebut. Karena walaupun sudah lazim terjadi ketika memasuki pengunjung tahun, tetapi tidak sampai setinggi itu.

“Biasanya November dan Desember, tapi nanti juga tahun ini air sampai ke dalam, kebanyakan hanya sampai teras,” kata Ibrahim.

Padahal, menurut pria yang merupakan guru ngaji bagi anak-anak di desa setempat, ia akan mengajarkan baca Alquran di masjid tersebut.

“Mudah-mudahan air tidak masuk sampai ke dalam, karena jadwal pengajian malam ini, setiap malam senin dan malam jumat,” tutur Ibrahim, Minggu (7/11/2021), sore kemarin.

Sementara, Kepala Desa Iyok, Arifin Ibrahim, usai dihubungi wartawan langsung bergegas mendatangi dan melihat langsung kondisi masjid.

Kepada waktu.news, ia mengatakan akan segera mengantisipasi dengan cara memagari akses air pasang masuk ke dalam masjid.

“Untuk mencegah air masuk ke masjid, kami akan buatkan pondasi beton,” kata Arifin.

Pemerintah Desa Iyok bersama masyarakat pun sebenarnya telah menyiapkan lokasi pembangunan mesjid baru di wilayah yang jauh dari dampak air pasang.

“Karena sudah lama rawan banjir, saya juga telah perintahkan segera membentuk kelompok kerja. Agar masjid sudah boleh pelan-pelan di bangun,” pungkasnya.

Diketahui, air pasang bergerak masuk hingga meredam masjid, sejak pukul 16.40 waktu setempat. Tak hanya masjid, tampak puluhan rumah warga disekitar muara pun terrendam, saat air psang terjadi.

Berdasarkan pantauan wartawan media ini, Senin (8/11/2021), air pasang baru mulai berangsur surut sekitar pukul 20.05 wita. (aah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button