Berita Boltim

Sekitar 50 KK di Boltim Kesulitan Air Bersih, Begini Sikap Fuad Landjar

Tutuyan – Kurang dari lima puluh Kepala Keluarga di Desa Togid, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur kesulitan mendapatkan air bersih.

Kondisi itu dikeluhkan warga dusun VI (Enam) pada saat reses Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim, Fuad Landjar SH, di Kantor Desa Togid, Kamis (05/08/2021), pagi tadi.

Pasalnya, demi memenuhi kebutuhan air bersih untuk memasak dan minum sehari hari, warga biasanya harus membeli. Sedangkan mandi dan cuci pakaian, mereka memanfaatkan aliran air dari irigasi pertanian yang ada di dusun tersebut.

“Jaringan pasokan air bersih di dusun ini rusak akibat tanah longsor. Inilah mengapa sekarang, sulit bagi warga dusun untuk mendapatkan air bersih,” kata Kepala Desa Togid, Adi Makalunsenge.

Warga setempat pun kata dia, sudah mencoba menggali sumur bor. Namun kondisi airnya keruh dan berbau. “Tidak layak dikonsumsi,” sambungnya.

Usai mendengar keluhan pada saat reses itu, Ketua DPRD Boltim Fuad Landjar langsung meninjau lokasi pemukiman warga yang kesulitan air bersih.

Selain air bersih, warga juga meminta pembangunan drainase dan perbaikan tanggul sungai di desa itu. Sebab, saat musim penghujan tiba, beberapa titik pemukiman kerap terendam air.

“Untuk air bersih, Cipta Karya akan turun besok (6/8/2021). Kondisinya memang sudah mendesak sehingga perlu penanganan cepat dari dinas terkait,” ujar Fuad Landjar.

Dia juga menjelaskan, semua aspirasi yang disampaikan warga pada reses masa persidangan kedua tahun 2021 yang digelarnya di Desa Togid, akan ia perjuangkan di DPRD.

“Ini bahan yang akan saya perjuangkan,” tandas Fuad, dihadapan warga desa setempat. (aah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button