Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
BoltimDaerah

Siapakah Pembocor Pesan Grup WhatsApp ‘SERBUKOTAMOBAGU’?

Advertisement

Waktu.news| Sosok ‘pembocor’ pesan grup aplikasi WhatsApp ‘SERBUKOTAMOBAGU’ terkait kewajiban ASN dan THL Bolaang Mongondow Timur asal Kotamobagu menyumbang Rp200 ribu pada kampanye Caleg DPRD Provinsi Sulawesi Utara Seeka Ervina Budiman, hingga kini masih menjadi misteri.

Pesan tersebut terungkap dalam sebuah postingan di media sosial Facebook, @Andong Lamaluta.

Advertisement

Menariknya, isi pesan itu juga menyeret nama Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) soal presensi dan absensi.

Kepala BKPSD Boltim, Abdal Mamonto ketika dikonfirmasi menapik jika isi pesan tersebut memiliki kaitan dengan dirinya.

Advertisement

Ia mengaku akan terus berupaya mengungkap siapa sumber dan penyebar gambar tangkapan layar pesan whatsapp tersebut. Kendalanya, kata dia, akun facebook @Andong Lamaluta adalah akun anonim. Identitasnya tidak mudah untuk diketahui.

“Akunnya saja akun bodong, kami juga tidak gampang menelusuri itu. Jadi kami masih mencari juga siapa sumber yang mengirim ke dia (akun @Andong Lamaluta) ini, atau, mungkin dialah pelaku itu, yang punya data itu,” ucap Abdal Mamonto saat dihubungi wartawan, Kamis (28/12/2023).

Abdal juga mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (kominfo) Boltim guna melakukan pelacakan terhadap pemilik akun anonim @Andong Lamaluta.

“Kami sudah menyerahkan semuanya ke Kominfo, karena mereka juga punya alat untuk mencari siapa oknumnya,” kata Abdal.

Advertisement

Abdal pun menegaskan bahwa dirinya tidak pernah tergabung dalam grup WhatsApp SERBUKOTAMOBAGU. Ia menduga pesan itu sengaja mengait nama Kepala BKPSDM untuk menyudutkan dirinya.

“Saya sebenarnya dikorbankan dalam posisi ini. Saya tidak tahu kok’, dan saya tidak pernah menginstruksikan untuk menarik uang dari ASN,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kominfo Boltim, Moh. Rezhah Mamonto, S.Kom saat dihubungi menyampaikan bahwa akun facebook bernama Andong Lamaluta adalah akun anonim.

“Akun Andong Lamaluta, itu akun palsu. Kami sudah memeriksanya, akun itu akun yang baru di buat,” jelasnya.

Rezhah mengatakan, Kominfo Boltim kini tengah melakukan pelenusuran mendalam terhadap identitas dari pemilik akun facebook @Andong Lamaluta.

Penelusuran tersebut, kata dia, juga telah dirapatkan bersama tim Cyber Patrol Pemerintah Daerah (Pemda) Boltim. Tim itu melibatkan Badan Kesbangpol dan para penggiat media sosial.

“Karena adanya pemberitaan melalui akun ini, tentunya kami langsung bergerak cepat untuk mencari tahu siapa pengguna akun ini,” pungkasnya. (aah)

Advertisement

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button