Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Bolmut

Sosialisasi UPT BP2MI, Beri Peluang Besar Bagi Putra-Putri Daerah Bekerja Diluar Negeri

Advertisement

Waktu.news | UPT BP2MI Manado Rabu (29/9) kemarin, mengelar sosialisasi peluang kerja sebagai Care Worker ke Jepang melalui program SSW yang bertempat dikawasan pantai Batu Pinagut Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut).

Dihadiri kurang lebih 100 peserta terdiri dari pimpinan OKP,LSM,toko masyarakat, toko adat ,insan pers serta pimpinan kecamatan dalam hal ini Camat Kaidipang, Kepala Disnakertrans Bolmut terlaksana sebagaimana yang diharapkan.

Advertisement

Dalam arahanya Kepala UPT BP2MI Manado Hendra Makalalag menyampaikan bahwa sosialisasi yang didampingi oleh Kepala Disnakertrans Bolaang Mongondow Utara Abdul Muis Suratinoyo dan Camat Kaidipang Muhammad Misaala bahwa Bolaang Mongondow Utara memiliki potensi calon pekerja migran yang cukup besar “Kabupaten Bolaang Mongondow Utara memiliki prosentase usia produktif yang cukup besar yaitu kita bisa lihat dari jumlah lulusan SMA/SMK dan lulusan perguruan tinggi di tahun 2021 yang berjumlah 9.605 orang. Nah jumlah yang besar ini apabila bisa disalurkan untuk bekerja di Jepang sebanyak 10% saja sudah bisa mendatangkan pendapatan bagi daerah”jelasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa peluang kerja ke Jepang sebagai Care Worker dapat membantu pemerintah daerah mengurangi pengangguran “Persyaratan untuk bekerja ke Jepang sebagai Care Worker cukup mudah yaitu minimal berusia 18 tahun, pendidikan minimal SMA/SMK dan memiliki kemampuan berbahasa Jepang minimal setara N4. Nah saya yakin dari kualifikasi yang diminta ini, putra-putri Bolmut bisa memenuhinya. Untuk persyaratan bahasa sendiri, di Sulawesi Utara sudah ada lembaga pelatihan bahasa yang bisa memfasilitasi jadi peluang kerja ke Jepang kini semakin terbuka”terang Hendra.

Advertisement

Lanjutnya juga,Hendra mengatakan bahwa peluang kerja ke Jepang merupakan peluang yang harus dimanfaatkan oleh putra daerah “Gaji sebagai Care Worker ke Jepang sangat besar yaitu mulai dari Rp. 21 juta perbulan diluar lembur dengan ijin tinggal selama 5 tahun. Ini bekerja dan bukan magang, jadi peluang ini sangat baik untuk segera diambil”tutup Hendra. (Lib)

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button