Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
DaerahManado

Sulut Melampaui Ekspektasi di PON XXI Aceh-Sumut dengan Meraih 42 Medali Mencengangkan!

Advertisement

Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip, S.H., M.H., selaku Ketua Kontingen Sulawesi Utara dan Komandan Korem 131/Santiago, mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian yang signifikan dari kontingen Sulut di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Tercatat, kontingen ini berhasil naik peringkat, bahkan melampaui target yang telah ditetapkan, dibandingkan keikutsertaan mereka di PON XX tahun 2021 di Papua.

Di PON XXI yang berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara, kontingen Sulawesi Utara menempati peringkat ke-17 dengan total perolehan 42 medali, terdiri dari 10 emas, 14 perak, dan 18 perunggu. Capaian ini menandai prestasi terbaik kedua di antara enam provinsi yang berada di Pulau Sulawesi, hanya berselisih sedikit dari Sulawesi Selatan yang berada satu tingkat lebih tinggi dengan 10 emas, 19 perak, dan 32 perunggu.

Advertisement

Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip menyatakan, “Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada para atlet yang telah berjuang keras. Pencapaian ini tidak hanya membawa harum nama Sulawesi Utara tetapi juga meningkatkan kebanggaan kita di kancah olahraga nasional. Di PON sebelumnya di Papua, kami hanya di peringkat ke-23 dengan 4 medali emas, sehingga prestasi kali ini sangat memuaskan.”

Peningkatan signifikan ini dari posisi ke-23 di PON XX Papua menjadi peringkat ke-17 di PON XXI Aceh-Sumut mencerminkan dedikasi dan kerja keras para atlet serta dukungan luas dari masyarakat Sulawesi Utara.

Advertisement

Sementara itu, Provinsi Sulawesi Tengah yang memiliki harapan tinggi untuk melampaui Sulawesi Utara, justru terhenti di posisi ke-18 dengan 8 emas, 7 perak, dan 20 perunggu. Di sisi lain, Provinsi Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat menempati peringkat yang lebih rendah, yaitu ke-34 dan ke-36, dengan perolehan medali yang jauh lebih sedikit.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 resmi ditutup pada Jumat, 20 September 2024, di Stadion Utama Sumatera Utara, Deli Serdang. Acara penutupan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kandou, Brigjen TNI (Purn) Theo Kawatu, dan pejabat lainnya dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, menandai berakhirnya salah satu perhelatan olahraga terbesar di Indonesia.

Advertisement

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button