Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Bisnis

Threads, Rival Twitter yang Dikembangkan oleh Meta, Kini Hadir dalam Versi Web untuk Merevitalisasi Penggunaan

Advertisement

Waktu.news | Perangkat Threads, yang diusung oleh Meta untuk meruntuhkan dominasi Twitter sebagai platform pilihan utama kalangan selebritas, perusahaan, dan pemerintahan, kini telah membuka pintu versi webnya, dengan harapan menghidupkan kembali peluncuran yang sebelumnya kurang memukau.

Keberadaan versi web Threads dianggap sebagai kunci untuk menarik perhatian para profesional dan individu di dunia media yang aktif di media sosial, terutama ketika mereka bercengkerama dengan komputer mereka selama jam kerja.

Advertisement

“Threads.net kini sudah resmi hadir bagi semua pengguna. Yuk, bagikan pendapat Anda!” tulis Adam Mosseri, sang kepala Instagram, pada hari Kamis (25 Agustus), yang juga memimpin proyek Threads ini.

Sebelumnya, Threads hanya bisa diakses melalui aplikasi seluler di iPhone dan ponsel Android.

Advertisement

Seorang juru bicara menyatakan, “Tim Threads sedang bekerja keras untuk menyamakan pengalaman antara versi seluler dan versi web, dan dalam beberapa minggu mendatang akan menambahkan lebih banyak fitur menarik pada versi webnya.”

Sebagai pesaing Twitter (yang kini berganti nama menjadi X), Threads diluncurkan dengan tergesa-gesa pada awal Juli oleh Meta. Saat itu, Meta mengajak lebih dari satu miliar pengguna Instagram-nya untuk mengunduh aplikasi Threads ini.

Langkah tersebut berhasil menjadikan Threads sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh dalam waktu singkat, bahkan mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh kehebohan kecerdasan buatan, ChatGPT.

Namun, kegembiraan awal itu tidak berlangsung lama. Penggunaan Threads oleh para pengguna awal terus menurun sejak saat itu, dan banyak pengguna yang menginginkan versi web dari aplikasi ini serta perbaikan-perbaikan lainnya.

Advertisement

Banyak selebritas yang mendapatkan akses eksklusif awal ke Threads, seperti Jennifer Lopez atau bintang sepak bola Amerika, Tom Brady, hanya melakukan posting dengan jarang.

Sementara X, yang dikuasai oleh Elon Musk, masih tetap menjadi platform unggulan untuk komentar dan berita. Namun, situasi kacau yang terjadi di platform ini sejak pemilik Tesla mengambil alih telah menggerus kesuksesannya dan membuat para pengguna mencari alternatif lain.

Salah satu indikator penggunaan, yang diukur oleh perusahaan Similarweb, menunjukkan bahwa jumlah pengguna harian Threads pada versi Android menurun drastis dari puncaknya 49,3 juta menjadi hanya 10,3 juta.

Pada minggu pertama peluncuran Threads pada bulan lalu, CEO Meta, Mark Zuckerberg, memberikan peringatan bahwa aplikasi ini “membutuhkan waktu untuk menstabilkan diri, tetapi begitu kita berhasil mengatasi hal tersebut, fokus kita akan beralih pada pertumbuhan komunitas.”

Sayangnya, Threads belum dapat dinikmati di Eropa karena perusahaan induk Meta masih bingung dalam menghadapi peraturan privasi data dari Uni Eropa. (red)

Advertisement

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button