Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Travel

11 Tempat Wisata Bolsel Paling Bergengsi

Advertisement

Tempat wisata Bolsel atau Bolaang Mongondow Selatan sangat banyak. Potensi wisata yang ada di Bolsel ini membuat banyak wisatawan tertarik untuk menjelajahinya.  Ada beberapa daerah di Bolsel yang memiliki berbagai destinasi wisata menarik seperti Tanjung Panango, Wisata Alam Binolantungan, Pelabuhan Alam Dudepo, Pemandangan Batu karat yang berada di Kecamatan Bolaang Uki.

Bukan hanya kecamatan Bolaang Uki saja, yang memiliki banyak destinasi wisata, di kecamatan Pinolosian, juga terdapat beberapa tempat wisata yang unik. Ada wisata alam Dami, Torosik, penangkaran burung Maleo, Pulau Lampu, pantai Taman Hiu dan tentunya masih ada banyak lagi tempat wisata menakjubkan di Bolsel.  Penasaran? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Advertisement

Berikut 11 Tempat Wisata Bolsel yang wajib anda tau

Pulau Lampu

Pulau Lampu adalah sebuah pulau yang sangat indah dan cocok sekali bagi Anda yang menyukai diving. wisata ini terbuka untuk wisata umum, jadi terbuka untuk siapa saja dan akses jalan mudah, Anda tidak akan kesulitan.

Tempat Wisata Bolsel
Foto Pulau Lampu Bolsel

Selain keindahan alam bawah lautnya, Pulau Lampu juga memiliki mercusuar sebagai peninggalan sejarah yang masih terjaga dengan baik saat ini. Jadi bagi Anda yang tidak suka diving, Anda bisa menikmati keindahan pulaunya di mercusuar. Namun bagi Anda yang ingin menikmati keindahan bawah lautnya, Anda bisa menggunakan layanan Diving Club (BDC) yang berlokasi di Desa Pintadia Kecamatan Bolaang Uki.

Advertisement

Pantai Tanjung Panango

Masih di kecamatan Bolaang Uki, ada satu lagi destinasi wisata bahari yang bisa Anda nikmati bersama pasangan atau keluarga Anda yakni Pantai Tanjung Panago. Pantai ini memiliki keindahan alam dan lingkungan yang luar biasa mempesona.

Di pantai ini, Anda bukan hanya bisa menikmati keindahan panorama alam dan lingkungannya saja sambil berjemur, Anda bisa snorkeling dan diving di pantai ini. Ya, meskipun pantai ini tidak memiliki kedalaman air sebagaimana tempat diving lainnya, tapi keindahan alam bawah pantai Tanjung Panago juga perlu dicoba.

Pelabuhan Alam Dodepo

Selanjutnya di kecamatan Bolaang Uki adapula tempat wisata bahari dengan obyek kunjungan wisata berupa yaitu dermaga laut pelabuhan Alam Dodepo.

Di pelabuhan Alam Dodepo ini Anda bisa melihat aktivitas kapal di pelabuhan, rekreasi bersama keluarga dan bersantai sambil menikmati matahari terbenam. Jangan lupa untuk membawa bekal sendiri dari rumah karena di pelabuhan ini jarang terdapat penjual makanan.

Advertisement

Goa Paniki Lion

Jika tadi sudah mengulas banyak wisata bahari di kecamatan Bolaang Uki, saatnya Anda mencoba wisata alam berupa lobang goa. Goa di Bolaang Uki ini bernama Paniki Lion yang memiliki keindahan panorama yang menakjubkan pula.

Selain menelusuri panjangnya Goa Paniki Lion, kegiatan wisata lainnya yang bisa Anda lakukan di tempat ini adalah menikmati keindahan panorama alam sambil berwisata edukasi dengan mengenal lebih jauh nama-nama flora dan fauna yang ada di goa ini.

Pantai Biniha Timur

Pantai Biniha Timur terlatak tidak jauh dari pusat Ibukota Molibagu, Bolsel. Untuk bisa menuju ke tempat wisata ini, Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 15 menit. Jika Anda ingin berlibur bersama keluarga besar Anda, tempat ini sangat cocok sebagai tujuan utama Anda yang ingin berwisata di Bolsel.

Datanglah saat hari libur atau akhir pekan dengan rombongan keluarga Anda. Anda bisa berenang bersama buah hati Anda atau sekedar bersantai di pinggir pantai. Tempat wisata ini di penuhi dengan pepohonan sejuk menyelimuti Anda.

Hembusan angin pantai yang bertiup dari pepohonan ini sangat menenangkan siapa saja yang berkunjung ke pantai ini. Bagi Anda yang lapar karena beraktivitas di pantai, ada banyak restoran atau warung makan yang menjual banyak makanan khas laut atau seafood. Jadi jangan khawatir jika Anda kelaparan nantinya. Selain restorang, tempat ini juga menjual banyak aksesoris pantai.

Pantai Ponii

Wisata pantai ini memiliki keindahan panorama yang tak kalah menariknya dari Pantai Kuta. hamparan pasir putih halus yang begitu panjang dan cocok untuk dijadikan tempat wisata bersama anak-anak.

Pantai Ponii terletak di Desa Luwoo, kecamatan Posigadan, Bolsel. Jadi jika Anda sedang menuju provinsi Gorontalo, Anda harus mencoba untuk berkunjung ke Pantai Ponii.

Advertisement

Pantai dengan pasir putihnya yang indah ini akan memberikan kesan pengalaman wisata yang tidak akan terlupakan. Walau terkenal dengan keindahan pantainya yang mirip dengan pantai Kuta Bali, namun untuk bisa menikmati keindahan pantai ini Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 15.000 saja untuk membeli tiket masuk. Murah sekali bukan?

Air Terjun Botuliodu

Jika Anda bosan dengan pantai, Anda bisa mencoba wisata berupa air terjun. Ada sebuah air terjun yang terletak di kecamatan Posigadan bernama Botuliodu. Air terjun oni menawarkan keindahan alam dan pancuran air yang menawan. Kegiatan wisata yang dapat Anda lakukan di tempat air terjun Botuliodu ini adalah menikmati keindahan panorama alam dan sejuknya air atau bersantai saja.

Air Terjun Botuliodu

Udara di air terjun satu ini sangat sejuk karena di lengkapi oleh pepohonan yang rimbun.  Air terjun Botuliodu begitu jernih karena mengalir langsung dari sumbernya. Kesegaran air yang memancar dari sumber air inilah yang membuat Anda dan keluarga merasakan kenikmatan alam yang sangat berkesam.

Pantai Dami

Kembali lagi dengan wisata pantai, ada beberapa pantai yang perlu Anda coba kunjungi di kecamatan Pinolosian. Di pantai ini Anda bisa menikmati alam dan lingkungan pantainya yang masih sangat asri dan alami.

Pantai ini di lengkapi dengan berbagai fasilitas yang sangat memadai seperti toilet, tempat ibadah, warung makan dan gazebo. Jadi Anda sedang berada di Pinolosian, Anda bisa mampir ke pantai Dami.

Pantai Torosik

Pantai selanjutnya yang ada di kecamatan Pinolosian adalah Pantai Torosik yang paling cocok untuk dijadikan tujuan rekreasi Anda bersama pasangan Anda.

Anda bisa menikmati keindahan panorama alam dan lingkungannya sambil minum kelapa muda yang di jual di pinggir pantai. Selain itu, Anda juga bisa menikmati matahari terbenam atau sunset di pantai ini. sunset di pantai Torosik sangat indah untuk dilihat.

Pantai Taman Hiu

Masih di kecamatan Pinolosian, ada lagi pantai yang perlu Anda coba kunjungi yaitu pantai Taman Hiu. Pantai ini memiliki keindahan panorama yang sangat indah karena di kelilingi oleh karang dan pepohonan yang rindang. Walau di namakan Taman Hiu, pantai ini tidak lantas di huni banyak ikan hiu. Aktivitas berenang di pantai ini masih tergolong aman.

Penangkaran Burung Maleo

Bosan dengan pantai, di kecamatan Pinolosian, juga ada tempat wisata margasatwa burung Maleo. Di Penangkaran Burung Maleoyang ini Anda bisa melihat, mengamati, dan mengenal burung Maleo yang langka.

Demikian 11 tempat wisata  Bolsel (Bolaang Mongodow Selatan).  Baik ingin beriwsata ke pantai, pulau, atau air terjun, pastikan Anda sudah mempersiapkan liburan Anda dengan sebaik mungkin, ya!.(rhp)

BACA JUGA: Tempat Wisata Gorontalo yang paling Populer di Kunjungi

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button