Nasional

312 Daerah Terima Penghargaan Kabupaten Kota Layak Anak & Provila 2022, Ini Pesan Bintang Puspayoga Buat Kepala Daerah

Waktu.news | KemenPPPA kembali melaksanakan apresiasi penghargaan Provila dan KLA. Apresiasi ini diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung hak anak dan perlindungan khusus anak.

Evaluasi dilakukan untuk mengukur capain kinerja, pelaksanaan 24 indikator yang sudah di tetapkan yang pada akhirnya diberikan dalam 5 kategori yakni, Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan KLA.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si atau yang dikenal sebagai Bintang Puspayoga, pada kanal KemenPPPA RI, Jumat Malam, 22 Juli 2022.

Lanjutnya, KLA sudah di mulai sejak tahun 2006 – 2022 namun belum ada satupun kabupaten kota atau provinsi yang mendapatkan predikat KLA,” kata Bintang Puspayoga.

Setelah di lakukan penilaian secara obyektif, akan diberikan penghargaan untuk

312 kabupaten kota yang terdiri dari 8 utama, 66 nindya, 117 madya, dan 121 pratama. selain itu apresiasi kepada provinsi yang telah melakukan upaya keras,” tutunya.

“Selamat kepada daerah yang menerima penghargaan atas segala upaya dan Kerjasama yang telah di berikan”.

Bintang Puspayoga berharap agar capaian ini tidak hanya di lihat tujuan akhir tetapi penyemangat untuk semakin maju dalam memenuhi hak dan melindungi anak di daerah masing-masing.

Selain itu, Menteri KemenPPPA RI mengingatkan yang Wajib untuk dilakukan pimpinan daerah sesuai dengan pasal 21 ayat 4 dan 5 dari UUD 35 tahun 2014 bahwa, pemerintah daerah berkewajiban dan bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mendukung kebijakan nasional dalam penyelenggaraan perlindungan anak di daerah melalui pembangunan Provila maupun KLA.

“UU pemerintah daerah di pertegas bahwa urusan pemerintah dibidang perlindungan anak merupakan urusan wajib non pelayanan dasar

yang harus di lakukan oleh pemerintah dan didukung oleh masyarakat, media dan dunia usaha sebagai empat pilar pembangunan anak,” pungkasnya.

Virgina Olii: Kota Kotamobagu Terima Penghargaan KLA Kategori Nindya

Daftar Penghargaan Kabupaten Layak Anak 2022

Kategori Pratama 121 Kabupaten Kota

Diantaranya Kota Gorontalo, Minahasa, Bolmong, Minahasa Utara

Kategori Madya 117 Kabupaten Kota yang diantaranya;

Kota Bitung, Gorontalo, Bolmut, Boltim, Manado

Kategori Nindya 66 Kabupaten Kota

Untuk Sulawesi Utara Diantaranya Kota Kotamobagu, Kota Tomohon

Kategori Utama ada 8 Kabupaten Kota

Provinsi Layak Anak Provila sebanyak 8 Provinsi

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button