Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
HealthLifestyle

4 Buah Ajaib untuk Mengatasi Perut Kembung, Ilmu Pengetahuan Membuktikannya

Advertisement

Jika sering kali perut terasa penuh atau kencang setelah makan, mengakibatkan ketidaknyamanan yang persisten atau gas, mungkin kamu mengalami kembung kronis. Dalam beberapa kasus, kembung dapat menandakan adanya kondisi gangguan pencernaan mendasar, seperti sindrom usus iritabel (IBS), penyakit radang usus, pertumbuhan bakteri berlebih di usus kecil, atau intoleransi laktosa. Namun, banyak yang menemukan bahwa ketidaknyamanan mereka bisa diatasi dengan mudah, hanya dengan melakukan beberapa penyesuaian diet, termasuk jenis buah yang dikonsumsi. Simaklah empat buah terbaik untuk menenangkan ketidaknyamanan pencernaanmu dan mengatasi kembung.

Pisang Belum Matang

Pisang belum matang Pisang kaya akan kalium, vitamin C, vitamin B6, serat, antioksidan, fitonutrien, dan lain-lain. Selain memberikan manfaat yang luas bagi dietmu, mereka juga dapat meningkatkan gejala ketidaknyamanan pencernaan dan pencernaan.

Advertisement

Buah Mengatasi Perut KembungPisang yang belum matang dianggap sangat bermanfaat untuk melawan kembung dan ketidaknyamanan perut. Hal ini karena mereka mengandung pati resisten, karbohidrat yang melewati usus tanpa terurai, mempromosikan kesehatan usus.

“Starch berperan sebagai makanan bagi pertumbuhan mikroba bermanfaat di saluran pencernaan,” jelas Harvard Health Publishing. “Mikroba memecah dan mengfermentasi pati saat melewati usus besar, menghasilkan asam lemak rantai pendek (SCFA) yang dapat memainkan peran dalam pencegahan penyakit kronis termasuk gangguan pencernaan. Studi klinis telah menunjukkan potensi penggunaan SCFA dalam pengobatan kolitis ulseratif, penyakit Crohn, dan diare yang disebabkan oleh antibiotik,” tulis para ahli mereka.

Advertisement

Lemon

Buah Mengatasi Perut KembungMenurut sebuah studi tahun 2022 yang dipublikasikan dalam European Journal of Nutrition, mengonsumsi lemon atau minum jusnya dapat membantu mempercepat pengosongan lambung, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi rasa kembung.

Faktanya, studi tersebut mencatat bahwa “dibandingkan dengan air, jus lemon menyebabkan peningkatan volume isi lambung sebesar 1,5 kali, 30 menit setelah makan. Pengosongan lambung juga 1,5 kali lebih cepat.”

Buah kiwi

Buah Mengatasi Perut KembungMengonsumsi buah kiwi setiap hari adalah cara lain untuk mengatasi kembung. Menurut sebuah studi tahun 2022 yang dipublikasikan dalam jurnal Advances in Nutrition, manfaatnya akan terasa setelah dua minggu. “Buah kiwi memiliki efek positif yang diketahui pada pencernaan,” tulis para penulis studi tersebut.

Namun, manfaat pencernaan dari mengonsumsi buah kiwi tidak berhenti di situ. “Selama uji coba intervensi klinis menggunakan buah kiwi untuk meningkatkan sembelit, gejala saluran pencernaan bagian atas (GI) seperti ketidaknyamanan perut dan nyeri, gangguan pencernaan, dan refluks juga teratasi,” demikian pernyataan studi tersebut.

Advertisement

Buah beri gelap

Para ahli dari Mayo Clinic merekomendasikan untuk mengonsumsi “buah dengan warna lebih gelap seperti blackberry, blueberry, dan strawberry, yang mengandung antioksidan berharga” jika kamu berharap mengurangi kembung.

Buah Mengatasi Perut KembungDalam sebuah studi tahun 2023 yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients, blueberry ditemukan sangat bermanfaat di antara pasien dengan gangguan saluran pencernaan fungsional (FGID). Selama studi enam minggu, 43 pasien dengan FGID mengonsumsi entah 180 gram blueberry kering beku atau plasebo yang sesuai dengan kadar gula dan kalori buah tersebut.

Para peneliti kemudian mengevaluasi kualitas hidup mereka melalui kuesioner yang diisi sendiri, mengevaluasi sampel tinja, melakukan tes napas fruktosa, dan menilai setiap pasien untuk kehadiran gejala saluran pencernaan termasuk kembung, nyeri perut, diare, heartburn, kembung, kenyang, dan lain-lain.

“Setelah enam minggu pengobatan… pengobatan blueberry menghasilkan lebih banyak pasien dengan bantuan gejala perut yang relevan dibandingkan dengan plasebo,” tulis para penulis studi tersebut.

Dan berikut adalah beberapa buah yang sebaiknya dihindari.

Mayo Clinic mencatat bahwa meskipun bermanfaat untuk mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran untuk kesehatan usus yang optimal, kamu sebaiknya “menghindari buah yang tinggi fruktosa, seperti apel, pir, dan semangka” jika kamu berharap menghilangkan kembung atau kembung.

Namun, jika kamu menyukai apel dan pir, Cleveland Clinic menjelaskan bahwa mengupas atau memasak buah tersebut dapat mengurangi kemungkinan membuatmu kembung karena kulitnya yang “tinggi serat yang sulit dicerna.”

Advertisement

Advertisement
Via
Waktu
Sumber
Bestlifeonline

Yuni Supit

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button