Berita Boltim

81 Kepala Desa di Boltim Akan Bimtek Sipades

Tutuyan, WAKTU.news – Sebanyak 81 kepala desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur akan mengikuti Bimbingan Teknis mengenai Sistem Pengelolaan Aset Desa.

Bimtek yang difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Boltim, kabarnya akan digelar di Paradise Hotel Golf dan Resort, Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara pada Kamis, (28/10/2021) pekan ini.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Boltim Herlina Damopolii, mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para Kades berkaitan dengan Sipades.

“Asas manfaat Bimtek ini untuk lebih menertibkan administrasi pemilikan aset desa agar sesuai peraturan berlaku, inventarisasi dan pendataan aset desa,” ujar Herlina Damopolii, Senin (25/10/2021) tadi.

Sipades sendiri, kata Herlina, merupakan sebuah aplikasi perencanaan administrasi aset desa yang berbasis sistem informasi. Mulai dari tahap perencanaan, pengadaan, penatausahaan sampai dengan penyajian laporan.

Selain itu, aplikasi Sipades juga dilengkapi dengan kodefikasi dan labelisasi aset desa sesuai dengan pedomaan umum kodefikasi aset desa.

“Tujuannya untuk menertibkan penggunaan aset desa agar dapat berdaya guna bagi pemerintah desa. Sekaligus mempermudah pemerintah desa, dalam menyampaikan laporan kekayaan milik desa itu sendiri,” kata Herlina.

Disamping sebagai langkah mewujudkan pelaksanaan penyelenggaraan pembangunan desa sesuai dengan amanah Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan aturan pelaksaaannya, Bimtek tersebut juga teramat sangat penting bagi penyeragaman pemahaman kepada para pemerintah desa.

“Ini sangat penting dalam rangka meningkatkan kapabilitas dan menyampaikan pemahaman yang bersinggungan langsung dengan desa, khususnya pengeloaan aset berbasis aplikasi untuk mewujudkan adminstrasi transparan, akuntabel, efektif serta efisien,” ungkap Herlina.

Dia pun berharap, hadirnya aplikasi Sipades itu nantinya dapat meminimalisir terjadinya sebuah kesalahan dalam ragkaian kegiatan khusus dibidang pengelolaan keuangan dan aset desa.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemdes D-PMD Boltim, Rusli Dajo, menambahkan, seluruh peserta yang akan mengikuti Bimtek Sipades nanti, dipastikan telah divaksin COVID-19.

“Karena itu memang permintaan dari para pemateri baik dari Kemendagri, BPK RI maupun Kejaksaan Negeri Kotamobagu dan Polres Boltim,” tambah Rusli.

Selain menegaskan bahwa pelaksanaan Bimtek tetap menggunakan protokol kesehatan, ia juga menjelaskan alasan mereka memilih tempat pelaksanaan kegiatan.

“Di buat di Rata baio, Likupang Timur, karena jauh dari kerumunan,” jelas mantan Plt Kadis PMD Boltim ini. (aah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button