Berita Bolmong

Alur Perjalanan Karir Limi Mokodompit Sampai Menjadi Pj Bupati Bolmong

Waktu.news | Ir. Limi Mokodompit, M.M atau biasa disapa dengan papa fahmi, lahir di passi 2 Februari 1966, dari pasangan Irianti Suleha Mokodompit-Uswanas, S.Sos. Ia anak tertua dari enam bersaudara.

Empat saudaranya aktif di berbagai bidang yakni, Ramang Mokodompit (Senior Manager Security Risk Managemen PT Freeport Indonesia), Yoyo Mokodompit (Mantan Karyawan Freeport, sekarang di Australia), Etin Mokodompit (Saat ini mendampingi beliau), Rachmat Mokodompit (Super intendent Dept OHS Freeport) dan Rahim (Azis) Mokodompit seorang Kontraktor di Jayapura.

Perjalanan Limi Mokodompit ayah dari tiga anak ini memang tidak mudah, saat masih dibangku sekolah (SMP) dirinya harus kehilangan seorang ayah yang saat itu sebagai anggota polri.

“Mungkin orang tidak percaya, tapi kenyataanya perjalanan hidup saya memang tidak mudah hingga bisa sampai ke titik ini,” ungkap papa fahmi sapaan akrabnya saat silaturahmi ke bolaang mongondow selatan, Selasa (31/05/2022).

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup provinsi Sulawesi utara ini menuturkan, sebagai anak tertua dari enam bersaudara, dirinya harus menjadi tulang punggung keluarga ketika sang ayah meninggal, apalagi Ibunya hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa.

“Ibu saya yang menerima gaji pensiunan 250 ribu/ bulan harus membiayai keenam anaknya. Dengan niat membantu ibu dan adik-adik maka saja bertekad harus menjadi sukses,” ungkapnya.

Diusia saya yang begitu mudah pada tahun 1985, akhirnya saya memutuskan untuk merantau ke tanah papua karena pada waktu itu banyak peluang kerja dan benar, disana ternyata membutuhkan banyak sumber daya manusia,” katanya.

Mulai dari penyuluh pertanian lapangan (PPL) Limi mokodompit meniti karirnya. Dan berkat kerja kerasnya, dirinya diangkat menajdi Kepala Balai Informasi Penyuluhan pertanian.

Tak disangka karir limi terus naik dan dipercayakan sebagai Kepala Dinas pertanian Tanaman Pangan dan terakhir menduduki jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup di Pemkab Mimika, Provinsi Papua.

Selama 25 tahun lebih berkarir sebagai ASN di Papua, Limi Mokodompit akhirnya memutuskan kembali ke kampung halaman Provinsi Sulawesi Utara, terhitung sejak tanggal 1 September 2021.

Meskipun karir limi bersinar di pemerintah daerah mimika yang beberapa kali menduduki jabatan eselon II, tak membuat Limi langsung mendapatkan jabatan serupa di Bumi Nyiur Melambai.

Berselang tidak begitu lama, pada akhir November 2021, Limi diberi tanggung jawab oleh Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw dengan menduduki jabatan Kepala Bidang (Kabid) Tata Lingkungan DLH Provinsi Sulut.

Pada tanggal 12 Januari 2022, Limi kemudian ditunjuk sebagai Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemrov Sulut, menggantikan pejabat sebelumnya yang purna tugas (Pensiun).

Dirinya tidak berputus asa dan terus berjuang mengikuti seleksi terbuka (Lelang jabatan). dan perjuangannya tidak percuma. pada tanggal 31 Januari 2022 resmilah dirinya didefinitifkan sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

Tak hanya sampai disitu, dewi fortuna terus Bersama Limi. tanggal 23 Mei 2022, putra kelahiran kabupaten Bolaang Mongondow itu, akhirnya dilantik sebagai Pj Bupati Bolmong berdasarkan SK Kemendagri. (**)

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button