Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Boltim

Anggaran Jasa Juru Masak Tiga Pejabat di Boltim Rp. 650 Juta

Advertisement

Tutuyan, WAKTU.news – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur menggelontorkan dana setengah miliar lebih untuk jasa tenaga juru masak di rumah Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah.

Berdasarkan data yang ada, tahun 2022 ini, anggaran jasa tenaga juru masak di tiga rumah jabatan itu, sebesar Rp 652 juta.

Advertisement

Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Bagian Umum Sekretariat Daerah Pemekab Boltim, Firmansyah Mamonto tak membantah tersebut.

Ia menjelaskan bahwa anggaran sebesar itu tidak hanya digunakan untuk membiayai jasa tenaga juru masak saja.

Advertisement

“Di Rudis Bupati sekitar 15 orang dan Wabup 12 orang, tapi itu bukan cuma juru masak semua. Jadi ada juru masak, ada kepala Koki, tukang kebun, tukang air, tukang listrik dengan petugas adat,” sebut Firmansyah Mamonto, Kamis (11/8/2022), kemarin.

Ditanya soal standarisasi kerja, Bagian Umum Setda Pemkab Boltim menurut Firmansyah tidak menggunakan kriteria khusus saat merekrut juru masak di tiga rumah dinas tersebut.

Alasannya, jika mengikuti standar koki hotel, orang-orang di lingkaran bupati dan wakil bupati tidak akan terpakai.

“Kalau harus menggunakan standar, jelas ibu-ibu di lingkaran baik Bupati atau wakil pasti tidak akan terpakai. Sama dengan THL di perkantoran. Kalau kita menggunakan standar, maka anak-anak kita di Boltim tidak akan terrektut,” jelasnya.

Advertisement

Selain itu, anggaran yang ada tidak mampu membayar jasa juru masak, termasuk petugas kebersihan, listrik, dan air bila harus menggunakan standar kerja.

28 Makanan Khas Asli Bolaang Mongondow Utara, Sebagian Hampir Hilang dari Masyarakat

“Intinya, ketika bapak makan baik Bupati atau wakil ketika ada tamu yang datang kami bisa melayani itu semua,” pungkas Firman.

Diketahui, para juru masak Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ini tercatat sebagai Tenaga Harian Lepas atau THL. (aah)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button