Techno

Apple Membangun Mesin Pencari untuk Menyaingi Google

Waktu.news – Divisi pencarian Alphabet Google yang berfokus pada bisnis periklanan dan pencarian teknologi raksasa itu saat ini sedang menghadapi pengawasan federal dan penyelidikan anti-trust di hampir setiap negara bagian AS serta tuduhan bahwa perusahaan tersebut memanfaatkan posisi dominan pasarnya untuk menahan persaingan.

Apple dilaporkan sedang mengembangkan teknologi yang memungkinkan mengambil bagian dari pasar pencarian internet yang menguntungkan, seperti disadur dari Financial Times.

Dorongan penelusuran menuju independensi dapat disebabkan oleh masalah berkelanjutan Google dengan regulator antitrust yang terus menuduh bahwa Google menyalahgunakan posisi pasar dominannya untuk menghentikan persaingan secara tidak adil.

Disadur dari FT bahwa Apple diam-diam telah mengembangkan mesin pencarinya sendiri, mengambil alih beberapa fungsi pencarian yang biasanya ditangani oleh Google dalam sistem operasi terbarunya iOS 14. Tetapi mesin telusur default tetap Google, di mana raksasa pencari itu membayar Apple sekitar $ 10 miliar per tahun, menurut laporan New York Times baru-baru ini.

Pembayaran tersebut dapat terancam jika otoritas persaingan mengambil tindakan terhadap Google, kata FT dan dengan memperluas kemampuan pencariannya sendiri, Apple akan memiliki pengganti yang siap jika kesepakatan perusahaan dengan Google terancam.

FT juga menunjukkan bahwa perekrutan baru-baru ini menunjukkan fokus baru pada pencarian di Apple. Apple mempekerjakan kepala pencarian Google, John Giannandrea, lebih dari dua tahun yang lalu dan telah merekrut insinyur pencari secara terbuka dan Apple saat ini memiliki “tim yang kredibel” untuk membangun mesin pencari yang lebih umum”, menurut mantan kepala teknik Google Bill Coughran, yang berbicara dengan FT.

Bahkan ada tanda-tanda bahwa mesin telusur Apple mungkin sudah beroperasi. webmaster melaporkan peningkatan aktivitas dari Applebot, perayap web perusahaan, yang menjelajahi web untuk mencari situs baru dan konten untuk diindeks.

Pertanyaan besarnya adalah apakah Apple akan membuka mesin pencari untuk semua orang atau membatasinya untuk pemilik perangkat Apple dalam upaya meningkatkan penjualan produk Apple.

Tetapi dengan pendapatan kuartal ketiga sebesar $ 59,7 miliar, meningkat 11 persen dari kuartal sebelumnya, Apple tentunya memiliki sumber dana yang mampuni untuk mendanai proyek semacam itu.

Reaksi terhadap berita di media sosial beragam dengan merenungkan seperti apa nantinya tampilan mesin pencari Apple.

Mesin pencari Apple adalah teka-teki kompetisi yang menarik. Apa yang dilakukan regulator jika Apple mencoba menggunakan dominasi pasarnya pada perangkat (preload, default, kotak pencarian, pengambilan data) untuk mematahkan dominasi pasar Google dalam pencarian? seperti apa Apple Membangun Mesin Pencari,  Kita tunggu saya perkembangan selanjutnya.(rhp)

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button