Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Nasional

Azwar Anas Resmi Dilantik Jokowi Menjadi Menpan-RB

Advertisement

Waktu.news | Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur negara dan reformasi birokrasi di Istana Negara Jakarta. Abdullah Azwar Anas menggantikan posisi almarhum cahyo kumolo yang meninggal dunia pada 1 juli 2022 karena komplikasi paru dan diabetes.

Presiden Joko Widodo resmi melantik Abdullah Azwar Anas menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur negara dan reformasi birokrasi pada 7 September 2022 di Istana Kepresidenan Jakarta.

Advertisement

Azwar Anas dilantik menggantikan menpan RB, Sebelumnya, cahyo kumolo yang telah wafat pada 1 juli 2022 lalu, Azwar Anas menjabat sebagai menpan RB dalam sisa masa jabatan periode 2019 2024.

Sebelum dilantik menjadi menpan RB, Azwar Anas menjabat sebagai ketua lembaga kebijakan pengadaan barang jasa pemerintah yang dilantik Presiden Joko Widodo pada Januari 2022 lalu.

Advertisement

Pria kelahiran Banyuwangi 6 Agustus 1973 ini mengawali karir politiknya sebagai anggota MPR RI pada tahun 1997 saat dirinya masih berusia 24 tahun. Pada 2004 hingga 2009, dirinya tercatat sebagai anggota DPR. Pada 2010 hingga 2021, anas menjadi Bupati Banyuwangi selama 2 periode.

Dalam pendidikan, Azwar Anas tercatat sebagai sarjana di IKIP Jakarta tahun 1992 sampai 1998 dan dalam rentang tahun yang sama, dirinya juga menempuh pendidikan sarjana di Universitas Indonesia fakultas sastra dengan gelar master diraihnya pada tahun 2005 di Universitas Indonesia mengambil jurusan Fisip.

Melansir dari ELKPN per 31 Maret 2022, Azwar Anas tercatat memiliki total harta kekayaan sebesar 16 miliar rupiah.

Demi Allah saya bersumpah bahwa saya bahwa saya akan setia kepada undang undang dasar Negara Republik Indonesia, tahun 1945 serta akan menjalankan serta segala peraturan perundang dengan selurus lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” sumpah azwar anas. (rhp)

Advertisement

Berita Lainnya;

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button