Berita Boltim

Bawaslu Boltim Mulai Melakukan Penguatan SDM Kelembagaan

Tutuyan, WAKTU.news – Memasuki tahapan pesta demokrasi 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bolaang Mongondow Timur mulai melakukan penguatan internal kelembagaan.

Salah satunya adalah menggelar sosialisasi sekaligus rapat Pembinaan Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Pengawas dan Kesekretariatan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Restoran Goba Molunow, Danau Tondok, Kecamatan Modayag, Sabtu (16/7/2022), siang tadi.

Penguatan internal kelembagaan itu dibimbing langsung oleh dua anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Sulawesi Utara, Jurike Vera Kaeng dan Mustarin Humagi.

Tugas pokok dan fungsi sebagaimana diatur dalam Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, dan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum nomor 3 tahun 2020 menyangkut tata kerja dan pola hubungan Bawaslu secara berjenjang, pun menjadi topik utama dari pemateri.

Menurut Mustarin, skenario yang paling efektif dalam menghasilkan pemilih cerdas dan demokrasi berkualitas, sangat bergantung pada langkah awal dari kinerja lembaga pengawas itu sendiri.

“Karena 2024 ini bukan ece-ece atau main-main, butuh lembaga yang betul-betul punya performa yang baik. Apakah itu pimpinan atau anggota sebagai pelaksana tugas pengawas pemilu, maupun sekretariat sebagai suport sistem,” ujarnya.

Bawaslu Boltim lakukan Penguatan SDMMustarin juga mengatakan, yang menjadi tugas berat pimpinan dan anggota Bawaslu, adalah memposisikan para staf di devisi kerja masing-masing pengawas, agar tidak kaku dengan tupoksinya.

“Kretif silahkan, sepanjang substansinya tidak hilang. Kita punya media sosial, misalnya mencari meme yang disukai publik, kemudian itu menjadi daya tarik tersendiri dalam rangka membangun kesadaran masyarakat mensukseskan Pemilu bersih,” jelasnya.

Selain itu, Mustarin juga menekankan agar pimpinan dan anggota Bawaslu menjadikan para staf di sekretariat, betul-betul sebagai rekan kerja.

Jika pola kerja seperti itu terjadi, maka segala potensi kekeliruan kebijakan atau keputusan serta kesalahan administrasi, mampu dihindari.

“Saya tidak pernah memposisikan staf saya sebagai jajahan, tapi jajaran sama dengan saya. Karena tanpa mereka, saya tidak bisa ngapa-ngapa,” kuncinya.

Kegiatan tersebut diikuti juga oleh Ketua dan anggota Bawaslu Boltim. Masing-masing adalah Harmoko Mando, Hariyanto dan Ikal Salehe.

Selain itu, Koordinator Sekretariat Bawaslu Boltim, Muhdi Pasma beserta seluruh staf mulai dari Divisi SDM dan Organisasi, Divisi Hukum Penanganan Dan Penyelesaian Sengketa, serta Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat. (aah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button